Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pakde Karwo, Pegawai Negeri Sipil Mau Nonton Film G30S PKI? Silakan

Gubernur Jawa Timur Soekarwo membebaskan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi setempat untuk menyaksikan film Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 September 2017  |  23:02 WIB
Gubernur Jawa Timur Sukarwo atau biasa disapa Pakde Karwo - Antara
Gubernur Jawa Timur Sukarwo atau biasa disapa Pakde Karwo - Antara

Bisnis.com, SURABAYA -  Gubernur Jawa Timur Soekarwo membebaskan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi setempat untuk menyaksikan film Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI).

"Tidak ada instruksi maupun larangan khusus kepada ASN. Artinya, kami persilakan yang mau menonton ataupun tidak," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Sabtu (23/9/2017).

Menurut dia, tidak adanya anjuran khusus dari Kementerian Dalam Negeri RI membuat pihaknya tak memberikan kebijakan apapun terkait film yang tengah menjadi sorotan tersebut.

"Politik luar negeri itu diatur oleh Menteri Luar Negeri, sedangkan politik dalam negeri diatur oleh Menteri Dalam Negeri. Nah, dalam hal ini urusannya dalam negeri maka tegak lurus dengan pusat," ucapnya.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, juga tak melarang jika ada kegiatan menonton bersama karena juga tak ada perintah yang mengaturnya, terlebih daerah tidak bisa mengambil keputusan karena menjadi ranah pusat di Jakarta.

"Sekali lagi, bagi ASN mulai dari pegawai atau pejabat organisasi perangkat daerah (OPD), kami membebaskan untuk menyaksikan atau tidaknya," kata orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Sementara itu, berbeda dengan TNI yang diinstruksikan panglima untuk menyaksikan film tersebut, salah satunya jajaran Pangkalan Utama TNI AL yang selama 11 hari sebagai bentuk mencegah lupa terhadap sejarah.

"Satuan jajaran Lantamal V menggelar nobar di lingkungan markas, komplek komplek TNI AL dan masyarakat sekitar mulai 20-30 September," ujar Wakil Komandan Lantamal V Kolonel Marinir Nana Rukmana.

Pemutaran film itu, lanjut dia, sesuai arahan pimpinan yang ditujukan kepada prajurit dan ASN Lantamal V, sekaligus mengajak generasi muda untuk mengerti dan memahami sejarah perjalan bangsa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

g30s/pki

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top