Berikut Agenda Mike Pence di Jakarta

Wakil Presiden AS Mike Pence akan bertandang ke Jakarta pada 19 April 2017. Sejumlah agenda pertemuan sudah menanti orang nomor dua di AS itu.
Gloria Natalia Dolorosa | 18 April 2017 18:40 WIB
Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence. - Reuters/Bryan Woolston

Kabar24.com, JAKARTA — Wakil Presiden AS Mike Pence akan bertandang ke Jakarta pada 19 April 2017. Sejumlah agenda pertemuan sudah menanti orang nomor dua di AS itu.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menuturkan setibanya di Jakarta, Pence akan melakukan kunjungan kehormatan dengan Presiden Joko Widodo. Lantas, Pence akan bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam pertemuan bilateral.

Retno belum bisa membeberkan isi pembicaraan antara Pence dengan Presiden Joko Widodo maupun dengan Jusuf Kalla. Namun, salah satu cakupan yang dibahas yakni ekonomi.

"Kunjungan ini memperkuat kemitraan strategis antara AS dengan Indonesia. Di bawahnya ada banyak sekali elemen, termasuk elemen ekonomi," tutur Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (18/4/2017).

Selain bertemu dengan Kepala Negara dan Jusuf Kalla, Pence dijadwalkan bertemu dengan Sekretaris Jenderal Asean. Menurut Retno, pertemuan ini akan membahas keterlibatan administrasi baru AS.

"Jakarta ini tuan rumah dari Sekretariat Asean sehingga tamu-tamu kita saat berkunjung ke Jakarta juga melakukan pertemuan dengan Asean. Ini sebagai simbol selain meningkatkan hubungan bilateral, hubungan AS dengan Asean juga akan dibahas," katanya.

Lantas, pada Mei 2017 akan digelar pertemuan antara para menteri luar negeri negara-negara di kawasan Asean dengan menteri luar negeri AS. Retno menegaskan hal ini menunjukkan keterlibatan AS dengan kawasan, terutama Asia Tenggara, sejauh ini masih sangat positif.

Mike Pence pun dijadwalkan menyambangi Masjid Istiqlal, Jakarta. Selain Indonesia, Pence berkunjung ke Korea Selatan, Jepang, dan Australia.

Tag : jokowi, jusuf kalla, Mike Pence
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top