Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lulusan Pesantren Kini Sudah Lebih Siap Bersaing

Lulusan pesantren lebih siap bekerja karena tuntutan hidup. Lebih dari 90% lulusan pesantren yang menjadi enterpreneur dibandingkan dengan yang melanjutkan sekolah.
Ilustrasi
Ilustrasi
Kabar24.com, JAKARTA -- Selama ini lulusan pesantren hanya dipandang sebelah mata. Pasalnya, lulusan pesantren tidak mempunya bekal yang cukup untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 
 
"Dulu santri memang dipandang sebelah mata karena lulusannya tidak punya ijasah. Tapi pesantren sekarang sudah bagus-bagus. Walaupun tidak ada bekal ijazah, namun santri lebih siap bekerja," ungkap pembina Rumah Enterpreneur Indonesia (REI), KH Ahmat Sugeng Utomo di Jakarta, Senin (7/12/2015).
 
Menurutnya, lulusan pesantren lebih siap bekerja karena tuntutan hidup. Lebih dari 90% lulusan pesantren yang menjadi enterpreneur dibandingkan dengan yang melanjutkan sekolah.
 
"Kalau jadi pegawai sarat terlalu rumit jadi mau tidak mau mereka bekerja sesuai dengan kemampuan mereka. berkah dari nyantri itu sehingga mereka berhasil dan jadi miliader," tutur pria yang akrab disapa Gus Ut ini.
 
Kurikulum tentang wirausaha, kata Gus Ut, telah diajarkan sejak lama kepada para santri untuk bekal mencari penghidupan yang layak setelah lulus dari pesantren.
 
"Sebenarnya karena dulu diajari bekerja. mereka berkreasi dengan dirinya sendiri akhirnya jadi penjual," katanya.
 
Menurutnya, santri pengusaha juga merupakan penyumbang pendapatan terbanyak dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data dari Kementerian Agama, terdapat lebih dari 27.230 pondok pesantren dan tersebar diseluruh wilayah Tanah Air.
 
"Lulusan pesantren sekitar 3,7 juta yang telah memasuki semua sektor kehidupan masyarakat, termasuk dunia usaha. Jadi sangat berdedikasi bangun perekonomian negara," pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper