Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lulusan Pesantren Kini Sudah Lebih Siap Bersaing

Lulusan pesantren lebih siap bekerja karena tuntutan hidup. Lebih dari 90% lulusan pesantren yang menjadi enterpreneur dibandingkan dengan yang melanjutkan sekolah.
Yulianisa Sulistyoningrum
Yulianisa Sulistyoningrum - Bisnis.com 07 Desember 2015  |  16:43 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi
Kabar24.com, JAKARTA -- Selama ini lulusan pesantren hanya dipandang sebelah mata. Pasalnya, lulusan pesantren tidak mempunya bekal yang cukup untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 
 
"Dulu santri memang dipandang sebelah mata karena lulusannya tidak punya ijasah. Tapi pesantren sekarang sudah bagus-bagus. Walaupun tidak ada bekal ijazah, namun santri lebih siap bekerja," ungkap pembina Rumah Enterpreneur Indonesia (REI), KH Ahmat Sugeng Utomo di Jakarta, Senin (7/12/2015).
 
Menurutnya, lulusan pesantren lebih siap bekerja karena tuntutan hidup. Lebih dari 90% lulusan pesantren yang menjadi enterpreneur dibandingkan dengan yang melanjutkan sekolah.
 
"Kalau jadi pegawai sarat terlalu rumit jadi mau tidak mau mereka bekerja sesuai dengan kemampuan mereka. berkah dari nyantri itu sehingga mereka berhasil dan jadi miliader," tutur pria yang akrab disapa Gus Ut ini.
 
Kurikulum tentang wirausaha, kata Gus Ut, telah diajarkan sejak lama kepada para santri untuk bekal mencari penghidupan yang layak setelah lulus dari pesantren.
 
"Sebenarnya karena dulu diajari bekerja. mereka berkreasi dengan dirinya sendiri akhirnya jadi penjual," katanya.
 
Menurutnya, santri pengusaha juga merupakan penyumbang pendapatan terbanyak dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data dari Kementerian Agama, terdapat lebih dari 27.230 pondok pesantren dan tersebar diseluruh wilayah Tanah Air.
 
"Lulusan pesantren sekitar 3,7 juta yang telah memasuki semua sektor kehidupan masyarakat, termasuk dunia usaha. Jadi sangat berdedikasi bangun perekonomian negara," pungkasnya.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pesantren pendidikan nasional
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top