Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korupsi Pertamina Foundation: Penyidik Berencana Tinjau Lokasi Penanaman 100 Juta Pohon

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim berencana meninjau lokasi program penanaman 100 juta pohon Pertamina Foundation terkait dugaan korupsi dana corporate social responsibility.
Ilustrasi/synergy-icon.co.id
Ilustrasi/synergy-icon.co.id

Kabar24.com, JAKARTA -- Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim berencana meninjau lokasi program penanaman 100 juta pohon Pertamina Foundation terkait dugaan korupsi dana corporate social responsibility.

"Setelah memeriksa sukarelawan kita cek lapangan ke petaninya," kata Kepala Subdirektorat Tindak Pidana Pencucian Uang Dittipideksus Bareskrim Polri Kombes Pol. Golkar Pangarso di kompleks Mabes Polri, Jumat (11/9/2015).

Golkar mengatakan peninjauan itu dilakukan untuk mengetahui soal kesesuaian realisasi program tersebut.

Menurut dia dalam mekanismenya, Pertamina memberikan dana ke sukarelawan lalu dibelikan pohon untuk didistribusikan ke petani.

"Nah kita akan cek sampai ke lokasi penanaman dan para petaninya, sesuai atau tidak,” ujar Golkar.

Sejauh ini, lanjut Golkar, penyidik telah memeriksa 17 saksi dari sukarelawan program CSR itu dan satu saksi direktur keuangan Pertamina Foundation.

Golkar mengatakan keterangan yang didapat penyidik dari saksi tersebut sangat membantu untuk pengembangan arah penyidikan ke dugaan korupsi maupun pencucian uang.

Sebelumnya Badan Reserse Kriminal Polri telah menetapkan Direktur Eksekutif Pertamina Foundation Nina Nurlina Pramono sebagai tersangka dalam kasus ini.

Nina dikenakan Pasal 2 ayat (1), Pasal 3 ayat (1), Pasal 8, Pasal 15 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan atau Pasal 3, Pasal 4, Pasal 5, Pasal 10 Undang-undang Nomor 8 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang juncto Pasal 54 KUHP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper