Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Luhut Jamin Kerahasiaan Whistleblower Dugaan Korupsi

Pengaktifan kembali aplikasi pengaduan masyarakat Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau Lapor! bisa menjadi celah mengungkap dugaan penyelewengan uang negara.
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 05 Mei 2015  |  16:23 WIB
Kepala Staf Presiden Luhut B Pandjaitan menunjukkan aplikasi Lapor! di Gedung Bina Graha kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (5/5/2015). - JIBI/Akhirul Anwar
Kepala Staf Presiden Luhut B Pandjaitan menunjukkan aplikasi Lapor! di Gedung Bina Graha kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (5/5/2015). - JIBI/Akhirul Anwar

Kabar24.com, JAKARTA - Pengaktifan kembali aplikasi pengaduan masyarakat Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau Lapor! bisa menjadi celah mengungkap dugaan penyelewengan uang negara.

Kepala Staf Presiden Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan dalam aplikasi tersebut disediakan fitur anonim-rahasia bagi para whistleblower sehingga kerahasiaan identitas terlapor terjamin.

"Whistleblower pasti kita lindungi, [laporannya] pasti kita usut. Masa duit negara dicuri kita enggak bilang," katanya saat relaunching Lapor! di Gedung Bina Graha Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (5/52015).

Bagi pelapor yang mengetahui bukti atau dokumen dugaan penyelewengan negara akan ditindaklanjuti sampai ke level lembaga terkait hingga presiden.

"Kita teruskan ke instansi terkait mana yang kita informasikan silakan dalamin. Presiden mungkin nanti tergantung skala dan magnitude nya, presiden kita info," ujar Luhut.

Seperti halnya di militer, Presiden bisa menggelar rapat terbatas atau memanggil langsung yang bersangkutan. Fitur anonim memang disediakan agar masyarakat lebih mudah berpartisipasi dalam mengawasi pembangunan.

"Sama lah seperti di tentara saya dulu, dia langsung memanggil yang bersangkutan, itu hak prerogatifnya, presiden bisa mempertanyakan itu," jelas Luhut yang juga mantan komandan Detasemen Gultor/Detasemen 81.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

whistle blower Luhut Pandjaitan
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top