Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PERANG YAMAN: Menag Imbau Pelajar Indonesia Pulang ke Tanah Air

Kementerian Agama mengimbau para pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Yaman agar memprioritaskan keselamatan dan pulang ke tanah air, mengingat perang yang sedang berkecamuk di sana.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 09 April 2015  |  17:15 WIB
WNI di Yaman disambut anggota TNI yang menjemput mereka menggunakan pesawat jenis Boeing 737-400, Rabu (8/4/2015). - Antara/Puspen TNI/Kolonel Inf Bernardus Robert
WNI di Yaman disambut anggota TNI yang menjemput mereka menggunakan pesawat jenis Boeing 737-400, Rabu (8/4/2015). - Antara/Puspen TNI/Kolonel Inf Bernardus Robert

Kabar24.com, JAKARTA -- Kementerian Agama mengimbau para pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Yaman agar memprioritaskan keselamatan dan pulang ke tanah air, mengingat perang yang sedang berkecamuk di sana.

"Kami imbau seluruh pelajar Indonesia untuk memprioritaskan keselamatan jiwa," kata Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (9/4/2015).

Selain itu, dia meminta kepada para pelajar untuk mengikuti arahan tim evakuasi yang dikirim pemerintah ke sana karena kewajiban negara adalah melindungi warga negaranya yang berada di luar.

Kendati demikian, pihaknya tidak dapat memaksa WNI yang memutuskan tetap bertahan di Yaman, sehingga bila terjadi segala sesuatu hal itu ditanggung sendiri.

Lebih lanjut Lukman mengatakan pelajar di Yaman yang ingin pulang ke tanah air tak perlu khawatir mengenai kelanjutan studi, karena Kemenag akan mengupayakan hal tersebut.

Selain itu, kata Lukman, studi tetap bisa dilanjutkan lantaran beberapa lembaga pendidikan di Yaman memiliki cabang di Indonesia.

"Kami mengimbau dengan sangat sebaiknya bisa ikuti pemulangan," katanya.

Yaman saat ini tengah dilanda konflik setelah pemberontak Houthi menggulingkan pemerintahan sah di ibu kota Sana'a.

Hal itu memaksa Presiden Yaman Abduh Rabbuh Mansur Al Hadi memindahkan pemerintahan ke kota Aden, Yaman Selatan.

Situasi semakin tak menentu ketika koalisi negara-negara Arab pimpinan Arab Saudi menggempur basis-basis kelompok pemberontak Houthi. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

evakuasi wni Perang Yaman pelajar indonesia di Yaman
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top