Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polemik Polwan Berjilbab

Wacana polisi menggunakan hijab sepertinya akan terealisasi. Sebelumnya aspirasi ini disebut-sebut berasal dari masyarakat yangintinya bahwa hijab adalah bagian dari kewajiban sebuah keyakinan.
Polwan Berjilbab/Antara
Polwan Berjilbab/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wacana polisi menggunakan hijab sepertinya akan terealisasi. Sebelumnya aspirasi ini disebut-sebut berasal dari masyarakat yang
intinya bahwa hijab adalah bagian dari kewajiban sebuah keyakinan.

Oleh Mantan Kapolri Timur Pradopo, aspirasi tersebut diterima, kemudian Kapolri Sutarman meneruskan kebijakan tersebut dengan akan membuat Surat Keputusan terkait model seragam Polwan berhijab.

Untuk sebuah negara demokrasi, langkah polisi yang menciptakan 61 jenis seragam bagi anggotanya yang hendak menjalankan keyakinan, adalah hal yang baik. Apalagi dengan seragam ini seorang polisi wanita akan bekerja dengan lebih sungguh-sungguh karena selain menunjukkan kinerja yang berkualitas, nilai keagamaan juga akan terukur ketika
mulai menggunakan hijab.

Selain kelebihan berhijab, terdapat kelemahan yang harus mampu ditanggapi polisi wanita. Pertama, ada sebuah keterbatasan dalam pekerjaan mengamankan situasi. Itu pasti dan mungkinkah ini sudah diatur dalam aturan yang akan dikeluarkan?

Kedua, ada potensi ketidakadilan dalam pekerjaan. Kita tidak bisa menjamin kalau negara kita akan bersikap adil terkait SARA, apalagi ketika berhijab mulai
berlaku.

Jika kebijakan boleh berhijab ini akan menjadi produk Kapolri yang baru, mudah-mudahan kelemahan dari pemberlakuan aturan ini sudah diantisipasi, sehingga hal-hal negatif yang mungkin timbul dapat dianulir guna merealisasikan UUD 1945 pasal 29 secara menyeluruh.

 

Pengirim:

Rania Ananda
Cililitan, Jakarta Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper