Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Sekolah di Jepang, Ini Biayanya

Bisnis.com, JAKARTA--Biaya pendidikan di Jepang untuk tingkat perguruan tinggi berkisar antara 2 juta yen-3 juta yen (sekitar Rp200 juta-Rp300 juta) pertahun. Richard Susilo, Komisaris Pandan College, mengatakan biaya kuliah tersebut bisa lebih

Bisnis.com, JAKARTA--Biaya pendidikan di Jepang untuk tingkat perguruan tinggi berkisar antara 2 juta yen-3 juta yen (sekitar Rp200 juta-Rp300 juta) pertahun. 

Richard Susilo, Komisaris Pandan College, mengatakan biaya kuliah tersebut bisa lebih rendah jika mahasiswa memilih universitas negeri. Biaya kuliah di universitas yang dikelola negara berkisar 1,5 juta yen atau setara dengan Rp150 juta pertahun. 

"Biaya ini termasuk asrama, namun belum meliputi biaya makan dan kebutuhan pribadi lainnya," katanya dalam konferensi pers, Sabtu (17/8/2013). 

Sementara itu, biaya pendidikan untuk kursus bahasa selama 6 bulan di Jepang adalah sekitar 400 ribu yen atau setara dengan 40 juta. 

Adapun, biaya pendidikan untuk tingkat sekolah menengah atas (SMA) mencapai sekitar Rp170 juta pertahun untuk tahun pertama, serta Rp130 juta untuk tahun kedua dan ketiga. 

Meski demikian, kata Richard, ada banyak peluang bagi pelajar untuk mendapatkan beasiswa. 

"Seluruh partisipan dalam Japan Education Fair  memberikan beasiswa bagi pelajar yang sekolah di tempat mereka," ujarnya. 

Sebanyak 8 lembaga pendidikan asal Jepang akan terlibat dalam Japan Education Fair ke-10 yang akan diselenggarakan di Jakarta pada Sabtu ( 24 Agustus 2013). 

Kedelapan lembaga pendidikan tersebut terdiri atas 2 universitas dan 6 sekolah bahasa, yakni; Asia Japanese Academy, Unitas Japanese Language School, Aoyama International Education Institute Japanese Language Center, ABK College, Kyoritsu Japanese Language School, Shukutoku Japanese Language School, Osaka International University School of Japanese Studies for Foreign Students dan Kobe International University.  (ltc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper