Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NELSON MANDELA : Kini Kondisi Kritis

BISNIS.COM, JOHANNESBURG-- Pemerintah Afrika Selatan mengkonfirmasi kondisi kesehatan Nelson Mandela, mantan presiden Afsel dan pejuang anti apartheid, sedang kritis dan tengah menjalani perawatan intensif di salah satu rumah sakit setelah penyakit infeksi

BISNIS.COM, JOHANNESBURG-- Pemerintah Afrika Selatan mengkonfirmasi kondisi kesehatan Nelson Mandela, mantan presiden Afsel dan pejuang anti apartheid, sedang kritis dan tengah menjalani perawatan intensif di salah satu rumah sakit setelah penyakit infeksi paru-parunya kembali kambuh.

"Pagi ini sekitar pukul 01.30 (23.30 GMTD), kondisi beliau [Nelson Mandela] kembali memburuk dan dilarikan ke rumas sakit Pretoria dalam kondisi yang kritis," ungkap pemerintah setempat seperti di kutip Reuters, Sabtu (8/6/2013).

Nelson yang telah berusia 94 tahun tersebut tercatat telah tiga kali dilarikan ke rumah sakit sejak Desember tahun lalu lantaran penyakit infeksi paru-paru yang menderanya.

Namun demikian, Juru Bicara Kepresidenan Afsel Mac Maharaj mengatakan kepada televisi lokal jika para dokter yang menangani Nelson melaporkan kondisi pemenang nobel perdamaian itu tetap stabil meski dalam kondisi mengkhawatirkan.

Adapun penampilan terakhir Nelson di depan publik adalah pada final sepak bola Piala Dunia di Johannesburg pada tahun 2010. Dia muncul dalam klip singkat televisi disiarkan oleh televisi pemerintah pada bulan April saat menerima kunjungan Presiden Jacob Zuma.

Presiden Afrika Selatan:

Masa jabatan
27 April 1994 – 14 Juni 1999

Wakil Presiden

Frederik Willem de Klerk
Thabo Mbeki

Didahului oleh

Frederik Willem de Klerk (Presiden Negara untuk Afrika Selatan)

Digantikan oleh

Thabo Mbeki

Informasi pribadi

Lahir

Rolihlahla Mandela
18 Juli 1918 (umur 94)
Mvezo, near Mthatha, Eastern Cape, Persatuan Afrika Selatan

Partai politik

ANC

Suami/istri

Evelyn Ntoko Mase (1944–1957)
Winnie Madikizela (1957–1996)
Graça Machel (1998–sekarang)

Agama

Metodis

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper