Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SBMPTN 2013: Sudah Lulus SNMPTN, Jangan Ikut Lagi!

BISNIS.COM, JAKARTA-Untuk kalian yang kurang beruntung dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), jangan berputus asa karena masih terbuka peluang untuk mencoba jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang menyediakan

BISNIS.COM, JAKARTA-Untuk kalian yang kurang beruntung dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), jangan berputus asa karena masih terbuka peluang untuk mencoba jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang menyediakan jatah kursi sebanyak 110.000 orang.

"Daya tampung di setiap PTN sekitar 30% hingga 40% atau sekitar 110.000 mahasiswa," ujar Ketua Panitia Pelaksana SBMPTN, Akhmaloka.

Salah satu dari ribuan siswa SMA sederajat yang tidak lulus dalam SNMPTN beberapa waktu lalu, Helena Martha Friska Saragi Napitu - peraih nilai Ujian Nasional (UN) 2013 terbaik kedua se-Indonesia - juga akan mencoba peruntungan di jalur SBMPTN ini.

Helena tidak putus asa karena ingin mencoba peruntungan melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 agar cita-citanya menimba ilmu di Fakultas Kedokteran Universitas Sumatra Utara (USU) bisa tercapai. Pada SNMPTN beberapa waktu lalu, Helena membidik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, namun tidak lulus.

Namun perlu diingat sesuai pesan dalam Twitter Dikti, siswa yang sudah dinyatakan lulus SNMPTN, untuk tidak mencoba lagi di SBMPTN. 

"Jika tetap ingin ikut tes SBMPTN, maka status diterima sebagai mahasiswa di jalur SNMPTN akan hangus," kata Pelaksana Tugas Rektor Universitas Negeri Semarang, Agus Wahyudin.

Berbeda dengan SNMPTN yang hanya diikuti siswa yang lulus Ujian Nasional (UN) pada 2013, SBMPTN adalah seleksi hasil ujian tertulis dengan atau tanpa ujian keterampilan. SBMPTN dapat diikuti oleh siswa yang telah lulus UN 2011,2012 dan 2013.

Adapun siswa yang bisa mendaftarkan diri yakni siswa lulusan SLTA/ setara/paket C tahun 2011 dan 2012 serta siswa pemegang surat keterangan hasil UN SLTA/setara (lulusan) tahun 2013.

Pembayaran biaya seleksi dilakukan melalui Bank Mandiri pada 10 Mei-4 Juni. Pendaftaran SBMPTN baru dimulai pada 13 Mei pukul 8.00 WIB hingga 7 Juni 22.00 WIB yang dilakukan secara online melalui laman, http://ujian.sbmptn.or.id.

Ujian tertulis dilakukan 18-19 Juni. Adapun ujian keterampilan 20 hingga 21 Juni dan pengumuman hasil seleksi 12 Juli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire/Twitter
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper