Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Fakta-Fakta Tentang Pelantikan Donald Trump

Dengan tangan kirinya pada Alkitab yang digunakan oleh Abraham Lincoln, Donald Trump akan dilantik sebagai presiden AS ke-45 sekitar tengah hari pada Jumat (20/1/2017) waktu setempat dan memberikan pidato di depan sisi barat US Capitol sebelum memimpin parade ke Gedung Putih.
Presiden AS terpilih Donald Trump berada di antara tamu saat jamuan makan malam menjelang pelantikannya, di Union Station, Washington, Kamis (19/1/2017) waktu setempat./Reuters
Presiden AS terpilih Donald Trump berada di antara tamu saat jamuan makan malam menjelang pelantikannya, di Union Station, Washington, Kamis (19/1/2017) waktu setempat./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -  Dengan tangan kirinya pada Alkitab yang digunakan oleh Abraham Lincoln, Donald Trump akan dilantik sebagai presiden AS ke-45 sekitar tengah hari  pada  Jumat (20/1/2017) waktu setempat --atau Sabtu (21/1/2017) pagi WIB-- dan memberikan pidato di depan sisi barat  US Capitol sebelum memimpin parade ke Gedung Putih.

Berikut adalah beberapa fakta tentang pelantikannya:

* Cuaca diperkirakan menjadi basah dan musimnya hangat. Dinas Cuaca Nasional memperkirakan suhu mendekati 47 derajat Fahrenheit (8 derajat Celsius) dan hujan meruncing pada tengah hari.

* Setelah sarapan dan layanan gereja, Trump dan istrinya, Melania, akan bertemu Presiden --yang akan digantikannya-- Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama di Gedung Putih. Mengikuti tradisi, Trump dan Obama akan naik bersama-sama di Pennsylvania Avenue ke Capitol.

* Hakim Agung Clarence Thomas akan mengambil sumpah Mike Pence sebagai wakil presiden. Hakim Agung John Roberts akan mengelola sumpah jabatan untuk Trump.

* Trump akan memberikan pidato pelantikan (yang diperkirakan) berlangsung sekitar 20 menit. Juru bicara Sean Spicer mengatakan Trump akan memberikan pidato yang "sangat berpikiran maju, sangat inspiratif, pidato bersama-sama berorientasi" pada pemecahan masalah seperti menciptakan lapangan kerja.

* Sebanyak 900.000 orang diperkirakan akan ada untuk acara tersebut, termasuk ribuan demonstran. Setelah upacara, Obama akan meninggalkan Capitol untuk memulai hidup mereka pasca-Gedung Putih. Trump dan Pence tinggal untuk makan siang.

* Mulai sekitar pukul 3:00 (20:00 GMT), Trump, Pence dan keluarga mereka akan memimpin parade dari Pennsylvania Avenue ke Gedung Putih. Penyelenggara mengharapkan lebih dari 8.000 orang ambil bagian, termasuk marching band sekolah tinggi dan universitas, korps berkuda dan kelompok veteran.

* Donald dan Melania Trump mungkin melangkah keluar dari limusin mereka sebentar di sepanjang rute parade untuk membalas gelombang simpatisan. "Three inaugural balls are scheduled in the evening,' ujar satu panitia.

* Mengikuti tradisi, Obama akan meninggalkan surat di meja Oval Office penggantinya. Isinya belum terungkap.

* Pidato akan dilakukan 20 menit, mungkin pidato pengukuhan terpendek kedua setelah George Washington pada  1793 yang terdiri dari sekitar 130 kata.

* Pidato kehormatan dalam pelantikan terpanjang dilakukan William Henry Harrison,  pada 4 Maret 1841, pidato berisi lebih dari 8.440 kata-kata dan berlangsung satu jam dan 45 menit. Harrison, yang memberikan sambutannya dalam badai salju,  tanpa topi atau jaket, meninggal karena pneumonia sebulan kemudian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : REUTERS

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper