Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menlu Sugiono Bahas Isu Bilateral dengan India dan Thailand di KTT BRICS 2024

Menlu Sugiono mengadakan pertemuan bilateral dengan India dan Thailand di sela-sela acara KTT BRICS 2024 di Kazan, Rusia.
Menteri Luar Negeri Sugiono. ANTARAFOTO
Menteri Luar Negeri Sugiono. ANTARAFOTO

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Sugiono hadiri KTT BRICS ke-16 di Kazan, Rusia, pada Selasa (22/10/2024).

Dalam agenda tersebut, Menlu Sugiono bertemu dengan berbagai petinggi negara lain seperti India dan Thailand untuk membahas masalah bilateral.

Mengutip dari situs resmi Kemlu, Sugiono melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu India S. Jaishankar, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi BRICS Plus di Kazan, Rusia (23/10).

Pertemuan itu membahas komitmen Indonesia untuk memperkuat Kemitraan Strategis Komprehensif RI - India, dan mendorong kolaborasi Indonesia – India di berbagai forum multilateral.

Menlu Sugiono pun menyampaikan bahwa India merupakan mitra penting bagi ketahanan pangan Indonesia.

Terkait hal ini, Menlu RI menyambut baik keputusan India yang telah mencabut larangan ekspor beras putih non-basmati. Keputusan ini telah membuka peluang peningkatan perdagangan bilateral untuk komoditas beras yang akan mendukung ketahanan pangan Indonesia.

Selain isu pangan, kedua Menlu juga bertukar pandangan dan menjajaki berbagai kerja sama bilateral termasuk program makan siang bergizi, perumahan, farmasi, industri kreatif, pertahanan dan pendidikan.

Dalam kesempatan ini, Menlu RI mengundang Menlu India untuk menghadiri pertemuan Joint Commission Meeting Indonesia-India yang ke-8 yang akan diselenggarakan di Jakarta.

Sejumlah prioritas kerja sama yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut antara lain di sektor ekonomi, industri pertahanan, pendidikan, serta penelitian dan pengembangan (R&D).

Tak hanya itu, Sugiono juga bertemu dengan Menlu Thailand Maris Sangiampongsa. Keduanya sepakat menyoroti pentingnya meningkatkan kerja sama regional dan global termasuk melalui ASEAN, PBB, BRICS, dan forum-forum lain.

BRICS pun dinilai menjadi forum strategis, khususnya bagi negara-negara emerging economies, untuk turut berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dunia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper