Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CEK FAKTA: Heboh Pertandingan Indonesia vs Bahrain Akan Diulang karena Wasit Terbukti Curang

Sebuah konten yang muncul di media sosial mengatakan jika pertandingan Indonesia vs Bahrain akan diulang karena wasit terbukti curang, benarkah?
Timnas Indonesia/PSSI
Timnas Indonesia/PSSI

Ada Kemungkinan Diulang

Akan tetapi jika melihat catatan sejarah sepak bola, masih ada kemungkinan pertandingan Indonesia vs Bahrain akan diulang jika memang wasit terbukti salah.

Pengulangan pertandingan sempat terjadi di Benua Afrika pada gelaran Kualifikasi Piala Dunia 2018 antara Afrika Selatan dan Senegal.

Pada saat tersebut, FIFA dengan tegas menyatakan pengulangan pertandingan lantaran wasit Joseph Lamptey dinyatakan bersalah karena memberi penalti kepada Afrika Selatan karena handall bek Senegal Kalidou Koulibaly.

Pada laga yang digelar 12 November 2016 itu Afrika Selatan menang dengan skor 2-1 atas Senegal.

Namun Senegal memprotes keputusan itu setelah melihat tayangan ulang bahwa bola mengenai kaki sebelum menyentuh tangan Koulibaly.

FIFA pun menyatakan Lamptey melakukan manipulasi pertandingan. Wasit asal Ghana itu dijatuhi sanksi tak boleh terlibat dalam sepak bola seumur hidup.

Pertandingan bermasalah itu juga akhirnya diulang pada November 2017. Dipimpin wasit yang berbeda, Senegal memetik kemenangan 2-0 atas Afrika Selatan.

Kemenangan itu turut mengantar Senegal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Kembali ke Indonesia, laga kontra Bahrain bukan tidak mungkin akan diulang jika FIFA menyatakan ada manipulasi pertandingan yang dilakukan oleh wasit Ahmed Al Kaf.

Setelah surat protes dilayangkan PSSI, kini publik sepak bola Indonesia hanya bisa berharap FIFA memberikan keadilan buat Garuda.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper