Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Universitas Cakrawala Beroperasi, Tambah Lagi Satu Perguruan Tinggi Swasta di RI

Perguruan tinggi swasta di RI bertambah dengan dimulainya kegiatan belajar mengajar Cakrawala University
Ilustrasi mahasiswa / freepik
Ilustrasi mahasiswa / freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Satu lagi bertambah perguran tinggi swasta di Indonesia, dengan diresmikannya Universitas Cakrawala.

Saat ini, Kegiatan Belajar Mengajar angkatan pertama Cakrawala University telah dimulai, sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 58/E/O/2024 tentang Izin Operasional Universitas Cakrawala.

Achmad Zaky sebagai Founder Cakrawala mengatakan Universitas Cakrawala sendiri setelah menyeleksi 600 siswa dari total 1.067 pendaftar.

Dia mengatakan Universitas Cakrawala sendiri sudah resmi mendapatkan Surat Keputusan Menteri yang telah ditandatangani dan disahkan sejak 19 Agustus 2024.

"Acara hari ini merupakan simbolis peresmian surat keputusan tersebut. Acara turut dihadiri oleh beberapa tamu undangan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, jajaran pejabat perguruan tinggi Universitas Cakrawala, dan juga beberapa mahasiswa undangan Universitas Cakrawala," paparnya.

Zaky Syah (Zack) sebagai salah satu Founder Cakrawala sekaligus CEO menjelaskan  banyak masyarakat underprivileged yang memiliki potensi besar yang perlu didukung untuk meningkatkan taraf hidupnya dengan menyediakan pendidikan tinggi yang terjangkau dan berkualitas.

“Universitas Cakrawala menawarkan pendidikan bisnis, teknologi, keuangan, dan investasi, berkat dukungan dari venture capital Init-6 serta startup Dibimbing.id. Kedua entitas ini berfungsi sebagai sistem pendukung yang memperkuat Universitas Cakrawala, menyediakan lingkungan yang ideal bagi mahasiswa untuk berkembang dan meraih kesuksesan di masa depan.” paparnya.

Universitas Cakrawala saat ini menawarkan berbagai program kelas bagi mahasiswa. Program reguler khusus dirancang untuk siswa yang baru lulus SMA dan ingin melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang perguruan tinggi.

Dibuka juga program profesional yang dirancang untuk para pekerja yang memerlukan jadwal belajar yang lebih fleksibel.

Beragam beasiswa juga tersedia, termasuk dari GARIS Institute, Yayasan Achmad Zaky Foundation, dan Yayasan Dibimbing Pendidikan Indonesia.

Saat ini, Universitas Cakrawala mengembangkan kurikulum bernama CareerReady Curriculum yang diaplikasikan melalui 1 Year Focus.

Dengan program ini, mahasiswa dapat menyelesaikan SKS dalam 3 tahun dan 1 tahun sisanya fokus pembuatan dan pengembangan portofolio dan pengalaman kerja.

Selain itu, silabus dan materi yang diajarkan di Universitas Cakrawala  disusun dengan melibatkan para praktisi di industri untuk memastikan ilmu yang disampaikan sesuai dengan praktek di lapangan.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat partisipasi pendidikan tinggi di Indonesia menunjukkan bahwa hanya sekitar 31,45% penduduk Indonesia yang melanjutkan ke perguruan tinggi pada tahun 2023.

Tingkat partisipasi di jenjang pendidikan tinggi yang masih rendah jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia, Thailand dan Singapura juga berdampak pada kompetisi kualitas sumber daya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper