Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil Ungkap Cara Tarik Basis Pendukung Anies yang Masih Banyak di Jakarta

Meskipun Anies Baswedan tidak berkontestasi di Pilkada Jakarta, Ridwan Kamil merasa perlu menarik basis pendukung Anies yang masih cukup banyak di DKI Jakarta.
Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) DKI Jakarta Ridwan Kamil-Suswono di Kantor KPU DKI, Jakarta, Rabu (28/8/2024). / ANTARA-Luthfia Miranda Putri
Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) DKI Jakarta Ridwan Kamil-Suswono di Kantor KPU DKI, Jakarta, Rabu (28/8/2024). / ANTARA-Luthfia Miranda Putri

Bisnis.com, JAKARTA — Bakal Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK) angkat bicara terkait basis pendukung Anies Baswedan yang masih cukup banyak di DKI Jakarta.

Sejatinya, Kang Emil tidak terlalu mempersoalkan terkait masa pendukung dari pihak manapun. Sebab, paslon RK-Suswono memiliki gagasan baru untuk mendulang suara di Pilkada DKI.

"Saya bukan soal basis siapa-basis siapa, dari dulu dua kali pilkada, saya jualan gagasan aja. Mau dia dulunya kuat di siapa, sama juga," ujarnya di Jakarta, Minggu (1/9/2024).

Dia juga menyampaikan pengalamannya saat memenangkan Pilgub Jawa Barat sebelumnya. Kala itu, dia harus melawan petahana, Wakil Gubernur Deddy Mizwar yang terjun mendaftar sebagai calon gubernur pada Pilkada 2018.

"Juga melawan wakil gubernur dulu pada Deddy Mizwar, sama aja. Kami konsisten. Kalau saya, yang kita jual adalah gagasan. Baik ke basis masa siapapun lah kira-kira begitu," pungkasnya.

Sebagai catatan, pasangan yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju atau KIM Plus ini mengaku sudah menyiapkan 70-an gagasan jika terpilih di Pilkada 2024. Salah satunya terkait dengan pariwisata.

Diberitakan sebelumnya, Anies Baswedan yang berkegiatan di CFD Jakarta juga menuai sorotan publik. Sebab, banyak masyarakat yang mengerubungi Anies pada momen tersebut.

Hal itu bisa dilihat dari unggahan Instagram @aniesbaswedan pada Minggu (1/9/2024). Nampak, Anies juga menjabat tangan, berangkulan hingga mengobrol dengan warga di lokasi.

Bahkan, tak sedikit juga warga yang mengabadikan momen bersama dengan mantan Gubernur DKI Jakarta yang memakai kaos "We the People" tersebut.

"Mohon maaf untuk sebagian teman-teman yang menyampaikan kekecewaan karena aspirasinya belum bisa kami perjuangkan lewat jalur pemegang kewenangan. Tapi insya Allah kami akan selalu hadir dan bantu warga Jakarta lewat berbagai jalur lain. Karena kekuatan sejati bukan terletak pada satu orang atau jabatan, tetapi ada di kita semua. We the people, rakyat Indonesia," tulis Anies

Pada kesempatan yang sama, Anies Baswedan juga terlihat mesra dengan paslon Pramono Anung-Rano Karno saat menghadiri car free day atau CFD di kawasan Senayan, Jakarta pada Minggu (1/9/2024).

Terkait hal ini, Rano Karno memuji pembangunan Jakarta dalam masa pimpinan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Berolahraga di tengah Kota Jakarta, tak sengaja bertemu Pak @aniesbaswedan. Bapak @aniesbaswedan adalah salah satu Gubernur DKI Jakarta yang ikut membuat Jakarta jadi tempat yang nyaman bagi semua," tulis Rano dalam unggahannya di akun Instagram @si.rano.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper