Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemana Anies dan Rano Karno saat Megawati Umumkan Airin hingga Andika jadi Cagub PDIP?

Ini yang dilakukan Anies Baswedan dan Rano Karno saat Ketum PDIP Megawati mengumumkan cagub dan cawagub untuk Pilkada Serentak 2024.
Rano Karno dan Anies Baswedan bertemu di gedung DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (26/8/2024). Dok Istimewa
Rano Karno dan Anies Baswedan bertemu di gedung DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (26/8/2024). Dok Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) telah mengumumkan Bakal Calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah PDIP, termasuk Airin Rachmi Diany dan Andika Perkasa diusung menjadi bakal calon gubernur. Namun, nama Anies Baswedan dan Rano Karno tak terdengar dalam pengumuman tersebut. 

Dipimpin oleh Ketua Umum Partai PDIP Megawati Soekarnoputri, Partai berlogo banteng ini mengumumkan bakal calon kepala daerah yang diusung di Pilkada Serentak 2024. Terdapat  6 bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur yang resmi diusung PDIP. 

Dari 6 pasangan tersebut, nyatanya nama pasangan Anies - Rano Karno tak diumumkan. Sedangkan pasangan seperti Airin Rachmi Diany - Ade Sumardi untuk wilayah Banten dan Andika Perkasa - Hendrar Prihadi di wilayah Jawa Tengah telah resmi diusung dalam perhelatan tersebut. 

Lantas, kemana Anies dan Rano Karno dan mengapa mereka tak diumumkan dalam perhelatan tersebut?

PDIP mengatakan Anies dan Rano Karno saling bertemu di Gedung B di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (26/8/2024. Keduanya saling berdiskusi, membangun komunikasi dan berdialog. 

Pertemuan antara Anies dan Rano Karno diperkuat dengan bukti foto keduanya sedang duduk di salah satu ruangan di markas PDIP sebelum pengumuman Megawati. 

“Jadi dalam rangka untuk silaturahmi untuk membicarakan sebetulnya DKI ke depan itu seperti apa, tukar menukar pengalaman,” jelas Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, dalam konferensi pers pada Senin (26/6/2024). 

Ketika ditanyakan mengenai pernyataan Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey bahwa yang diusung adalah Pramono Anung-Rano Karno, Djarot menegaskan bahwa khusus daerah yang strategis seperti Jakarta merupakan kewenangan dari Megawati. 

“Jadi, kita berikan sepenuhnya kepada Ibu Ketua Umum untuk menggunakan hak prerogatifnya,” jelas Djarot. 

Diungkapkan juga bahwa terdapat Aspirasi dari bawah. Contohnya saja, terdapat nama-nama seperti Rano Karno, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang mengusulkan untuk diusung PDIP dalam Pilkada Serentak 2024. 

Sebelumnya, Juru Bicara Anies Baswedan, Angga Putra Fidrian, mengungkapkan bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta itu dijadwalkan ke Kantor DPP PDI Perjuangan yang berlokasi di Jalan Diponegoro Nomor 58, Jakarta, pada Senin siang.

Meski begitu, Angga enggan menjelaskan lebih detail mengenai tujuan kunjungan Anies Baswedan ke markas partai berlambang banteng moncong putih itu.

"Iya ke DPP, tetapi detailnya bisa ditanya ke PDIP," ujar Angga dilansir dari Antara, Senin (26/8/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper