Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Menteri yang Ikut Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Tak Ada Airlangga

Berikut daftar menteri kabinet dan pejabat negara yang hadir di upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN). Airlangga Hartarto tak hadir.
Suasana panggung kehormatan di Lapangan Upacara Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, yang menjadi lokasi bagi tamu VVIP dalam agenda peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2024). ANTARA/Andi Firdaus
Suasana panggung kehormatan di Lapangan Upacara Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, yang menjadi lokasi bagi tamu VVIP dalam agenda peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2024). ANTARA/Andi Firdaus

Bisnis.com, PENAJAM PASER UTARA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak tamu-tamu Negara untuk hadir dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 RI di halaman utama Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Sabtu (17/8/2024).

Mulai dari sejumlah ketua lembaga seperti Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD AA Lanyalla Mahmud Mattalitti terdaftar hadir untuk menjadi saksi sejarah upacara perdana pengibaran sang saka merah putih di IKN. Tak hanya itu, akan hadir juga Ketua BPK Isma Yatun, Ketua MA Muhammad Syarifuddin, dan Ketua KY Amzulian Rifai.

Sementara itu, untuk jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM), Presiden Jokowi mengajak Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Selanjutnya, ada nama Menteri Koordinator bidang Marintim dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Panjaitan, Mendagri Tito Karnavian, Menkeu Sri Mulyani, Menhub Budi Karya Sumadi, Mentan Amran Sulaiman, Mendag Zulkifli Hasan, Menteri ATR Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PPN Soeharso Monoarfa, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri PAN-RB Azwar Anas, dan Wamen ATR Raja Juli Antoni

Lalu, terdaftar juga Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Wakil Ketua Lembaga Negara Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Ketua Fraksi DPR, Ketua Komisi DPR, Ketua Komite DPD RI, dan Ketua Wantimpres Wiranto, serta sejumlah Ketua Umum Partai Politik. Adapun yang terlihat di lapangan adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Hadir pula, KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, KSAL Laksamana Muhammad Ali, KSAU M Tony Harjono Kepala OJK, Kepala LPS, Kepala BPIP, Kasetpres, Perwakilan PM Tony Blair, para Dirut BUMN, dan penerima emas olimpiade

Nantinya, terdapat sekitar 1.400 tamu undangan akan berdatangan ke IKN. Memang, tidak semua pembantu Presiden Jokowi diundang untuk ikut upacara 17 Agustus di halaman depan Istana Negara IKN, sebab beberapa akan berpartisipasi pada perayaan di Istana Merdeka Jakarta.

Adapun upacara 17 Agustus pertama di IKN bakal dipimpin Presiden Jokowi dengan didampingi presiden terpilih Pilpres 2024 Prabowo Subianto.

Sementara itu,  acara di Jakarta dipimpin Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang didampingi wakil presiden terpilih Pilpres 2024 sekaligus putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN 

Rangkaian Acara 17 Agustus 2024 di IKN sudah dimulai pukul 00.00 WITA dengan Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa IKN. Agenda berlanjut pada pukul 09.15 WITA untuk Pertunjukan Kesenian di Lapangan Upacara Istana Negara IKN

Akan ada Kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Salinan Teks Proklamasi di Istana Negara IKN Pukul 10.15 WITA sebelum pada pukul 11.00 WITA Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Upacara Istana Negara IKN dimulai.

Pertunjukan Kesenian di Lapangan Upacara Istana Negara IKN kembali digelar Pukul 15.45 WITA. Sebagai acara penutup upacara penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih di Lapangan Upacara Istana Negara IKN akan dimulai Pukul 17.00 WITA.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper