Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grace Natalie Tuding Publik Salah Tangkap Soal Jokowi Boyong Influencer ke IKN

Grace Natalie menuding banyak pihak salah tangkap maksud Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang turut mengajak serta para penggiat seni dan pemengaruh (influencer).
Grace Natalie / Bisnis-Akbar Evandio
Grace Natalie / Bisnis-Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA – Staf Khusus Presiden RI Grace Natalie menuding banyak pihak salah menangkap maksud Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang turut mengajak serta para penggiat seni dan pemengaruh (influencer) Tanah Air ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Grace menekankan bahwa mereka diajak melihat progres pembangunan IKN sebagai bentuk transparasi kepada khalayak sehingga melalui pandang mata dari sejumlah pihak yang diajak oleh Kepala Negara.

Menurutnya, sudah banyak warga masyarakat yang penasaran dengan IKN. Namun karena saat ini di IKN masih terus berlangsung proyek pembangunan, belum bisa dibuka untuk dikunjungi publik luas.

“Harus bergantian. Selain penggiat media sosial, selanjutnya akan diundang juga pimpinan media, perwakilan tokoh masyarakat lokal dan ormas. Agar bisa menyaksikan sendiri pembangunan IKN dan menyampaikan informasi yang benar ke komunitasnya masing-masing,” tandasnya kepada Bisnis melalui pesan teks, Selasa (30/7/2024)

Lebih lanjut, dia menilai apabila tidak melihat sendiri, maka sejauh ini banyak oknum yang dengan sengaja membuat masyarakat terkecoh dengan opini pembangunan IKN sembarangan dan tergesa-gesa.

Padahal, Wakil Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu mengklaim bahwa pembangunan IKN ini sama sekali tidak terburu-buru lantaran IKN merupakan proyek jangka panjang, yang terbagi dalam 5 fase sampai 2045 mendatang.

“Saat ini kita berada di fase pertama. Di fase pertama ini (2022-2024) tingkat penyelesaiannya sudah di atas 80 persen. Jadi semuanya on the track, sesuai jadwal, tidak ada yang tergesa-gesa,” tandas Grace.

Untuk diketahui, setelah melakukan kunjungan dan melihat langsung progres pembangunan Ibu Kota Baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu sejumlah penggiat seni dan pemengaruh (influencer) memberikan kesan dan harapan mereka terkait kemajuan kawasan baru ini.

Salah satunya Raffi Ahmad yang merasa terkesan dengan kecepatan progres pembangunan Istana Kepresidenan di IKN. Menurutnya, IKN tidak hanya menjadi simbol kemajuan, tetapi juga menawarkan potensi besar sebagai pusat inovasi dan destinasi masa depan bagi Indonesia

"Diajak jalan-jalan sama Pak Jokowi ke sekitar Istana, masuk ke dalam Istana masyaallah. Ini kalau memang udah jadi keren banget. Ini jadi kebanggaan monumental, sejarah bangsa kita untuk Istana Kepresidenan kita tempat yang memang bagus banget. Kita selalu support pemerintah," ujar Raffi Ahmad.

Penggiat seni lainnya Irwansyah dan Zaskia Sungkar turut terkesan dengan kemajuan yang telah dicapai dalam pembangunan IKN.

Menurut keduanya, meski memiliki arsitektur yang futuristik tapi IKN tetap mempertahankan budaya Indonesia.

"InshaAllah nanti ke depannya ketika ini sudah berjalan, ekosistemnya juga udah terbangun dengan sangat sempurna, nanti insyaallah pasti kan bukan hanya pemerintahan doang yang ada di sini, tapi kan banyak bisa jadi tempat destinasi wisata juga. Jadi makin maju lagi negara kita," ucap Irwansyah dan Zaskia Sungkar.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper