Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siapa Shakira Amirah? Mahasiswa UI yang Mencuri Perhatian di Kompetisi Clash of Champions

Profil Shakira Amirah, Mahasiswa Kedokteran UI yang sudah menulis 13 penelitian ilmiah terindeks Scopus.
Shakira Amirah
Shakira Amirah

Bisnis.com, JAKARTA - Puluhan mahasiswa berprestasi dari berbagai universitas di Indonesia dan juga luar negeri berkumpul dalam kompetisi Clash of Champions, yang diselenggarakan oleh Ruang Guru. Namun, salah satu pesertanya cukup menarik banyak perhatian. 

Adalah Shakira Amirah yang menang dalam tantangan pertama pada kompetisi tersebut, paling cepat menghitung penambahan 625 digit angka sekaligus. 

Tak heran, pasalnya, mahasiswi UI ini, melalui foto posternya, bikin melongo karena prestasinya. Dia merupakan mahasiswa Kedokteran Fakultas Universitas Indonesia yang memiliki IPK sampai 3,82 dari skala 4,00.

Di samping prestasi kuliahnya, dia juga telah memenangkan berbagai kejuaraan seperti Juara 1 Mahasiswa Berprestasi UI, dan Juara 3 Mahasiswa Berprestasi UI 2023. 

Namun, yang mencengangkan adalah bahwa Shakira telah menulis 13 publikasi ilmiah yang terindeks Scopus, di tahun keempat kuliahnya, bahkan sebelum lulus kuliah Strata 1.

Padahal, menerbitkan satu jurnal terindeks Scopus saja sudah merupakan tugas yang sulit bagi mahasiswa pada umumnya. Pasalnya, hanya penelitian berkualitas tinggi, original, dan berdampak besar saja yang bisa diterbitkan dalam indeks Scopus.

Mengutip akun Linked In-nya, Shakira adalah luusan dari SMPN 115 Jakarta, yang kemudian bersekolah menengah atas di MAN Insan Cendekia Serpong. 

Dia juga aktif di berbagai kegiatan di luar sekolah dan pendidikan, dengan terlibat sebagai Master Teacher di Akademis.id, tergabung dalam Asian Medical Students Association Indonesia, dan menjadi salah satu delegasi di WHO RC WPRO di Manila.  

Selain itu, dia juga sempat menjadi Brand Ambassador Science Hunter Indonesia, masuk dalam Ikatan Alumni Tim Olimpiade Komputer Indonesia, dan penerima Beasiswa Unggulan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper