Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menang Pilpres, Claudia Sheinbaum Jadi Presiden Terpilih Wanita Pertama Meksiko

Claudia Sheinbaum menjadi presiden terpilih wanita pertama Meksiko setelah memenangkan Pilpres dengan 58,3% suara.
Presiden terpilih Meksiko Claudia Sheinbaum dari partai MORENA, sekaligus presiden terpilih wanita pertama di negaranya./Reuters
Presiden terpilih Meksiko Claudia Sheinbaum dari partai MORENA, sekaligus presiden terpilih wanita pertama di negaranya./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Claudia Sheinbaum, seorang ilmuwan iklim dan mantan walikota Mexico City, terpilih sebagai presiden wanita pertama Meksiko setelah memenangkan pemilihan umum (pemilu). 

Berdasarkan hasil sampel perhitungan cepat yang dilakukan oleh otoritas Meksiko, Sheinbaum menang dengan perolehan antara  58,3% dan 60,7% suara, angka yang diperkirakan menjadi persentase suara tertinggi dalam sejarah demokrasi Meksiko. 

Sheinbaum kemudian mewarisi proyek mentornya dan pemimpin yang akan segera berakhir, Andres Manuel Lopez Obrador, yang popularitasnya di kalangan masyarakat miskin turut mendorong kemenangannya.

Adapun, Kandidat oposisi Xochitl Galvez mengakui kekalahan setelah hasil awal menunjukkan dia memperoleh antara 26,6% dan 28,6% suara.

“Untuk pertama kalinya dalam 200 tahun republik ini saya akan menjadi presiden perempuan pertama Meksiko,” jelasnya kepada para pendukungnya, seperti dikutip dari Reuters pada Senin (3/6/2024). 

Kemenangannya kemudian menjadi sebuah langkah besar bagi Meksiko, sebuah negara yang dikenal dengan budaya macho dan memiliki populasi Katolik Roma terbesar kedua di dunia. Negara tersebut juga selama bertahun-tahun mendorong nilai-nilai dan peran yang lebih tradisional bagi perempuan.

Untuk kedepannya, ia perlu menyeimbangkan janji-janji dalam meningkatkan kebijakan kesejahteraan rakyat, dan menghadapi defisit anggaran yang besar dan rendahnya pertumbuhan ekonomi. 

Kemudian, di dalam negerinya, presiden berikutnya ditugaskan untuk  mengatasi kekurangan listrik, air, dan mendorong produsen untuk melakukan relokasi sebagai bagian dari tren nearshoring.

Tak hanya itu, ia juga menghadapi tantangan tegangnya perundingan dengan AS, mengenai arus besar migran menuju Amerika yang melintasi Meksiko, dan kerja sama keamanan mengenai perdagangan narkoba pada saat epidemi fentanil di Amerika sedang merajalela.

Adapun, para pejabat Meksiko memperkirakan negosiasi ini akan menjadi lebih sulit jika presiden AS dimenangkan oleh Donald Trump pada November 2024. 

Setelah hasil awal diumumkan, ia menuturkan kepada para pendukung bahwa pemerintahannya akan bertanggung jawab secara fiskal dan menghormati otonom bank sentral. 

Dalam pidato kemenangannya, Sheinbaum juga mengucapakan terima kasih kepada Lopez Obrador sebagai orang unik yang telah mengubah negaranya menjadi lebih baik. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper