Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mensesneg Pratikno Ungkap Nama 9 Anggota Pansel KPK, Juni Mulai Kerja

Mensesneg Pratikno mengumumkan 9 nama anggota panitia seleksi calon pimpinan dan Dewan Pengawas KPK.
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia di Jakarta./Bisnis
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia di Jakarta./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengumumkan sembilan nama anggota panitia seleksi calon pimpinan dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi atau pansel KPK.

Dia mengatakan bahwa pemerintah akan segera mengundang seluruh anggota Pansel KPK tersebut setelah Keputusan Presiden (Keppres) diterbitkan sehingga mereka dapat segera bekerja.

"Ya secepatnya [Juni] setelah keppres ini terbit kami akan mengundang beliau-beliau untuk segera untuk bekerja," katanya kepada wartawan di Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg), Jakarta Pusat, Kamis (30/5/2024).

Lebih lanjut, Pratikno mengatakan bahwa nama-nama yang telah ditunjuk tersebut tentunya berlandaskan berbagai pertimbangan. Oleh karena itu, harapannya usai dilantik setiap anggota Pansel KPK dapat bekerja secara optimal.

Selanjutnya, dia menyebutkan bahwa nantinya tugas Pansel KPK akan selesai pada 20 Desember 2024. Adapun, Sekretariat Pansel akan berada di Sekretariat Negara (Setneg).

"Kami harapkan Pansel dapat secara optimal bekerja sebaik-baiknya untuk menentukan nama-nama yang dibawa diusulkan ke DPR dan kami memberi waktu nanti bulan Desember, pada 20 Desember harus selesai tugasnya Pansel atau tugas KPK, Dewas," tandas Pratikno.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan telah menandatangani susunan nama tokoh yang akan menjadi anggota panitia seleksi calon pimpinan dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi atau pansel KPK.

Hal ini disampaikannya usai meninjau harga komoditas dan menyerahkan bantuan di Pasar Lawang Agung, Musi Rawas Utara, Sumatra Selatan, Kamis (30/5/2024).

“Pansel KPK sudah saya tandatangani. Kemarin sebelum berangkat sudah saya tandatangani ada sembilan nama yang masuk tetapi saya nggak hafal,” ujarnya kepada wartawan dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Indonesia itu mengatakan bahwa unsur pemerintah dan profesional di dalam badan pansel KPK diisi secara seimbang.

“Saya nggak tahu unsur pemerintah berapa profesional berapa tapi saya kira apa fifty-fifty lah,” pungkas Jokowi.

Berikut ini daftar sembilan nama anggota Pansel KPK:

- Ketua Pansel merangkap anggota: M Yusuf Ateh (Kepala BPKP)

- Wakil Ketua merangkap anggota: Arief Satria (Rektor IPB dan ketua Ormas)

- Anggota Pansel KPK:

  • ⁠ ⁠Ivan Yustiavandana
  • ⁠ ⁠Nawal Nely
  • ⁠ ⁠Ahmad Erani Yustika
  • ⁠ ⁠Ambeg Paramarta
  • ⁠ ⁠Elwi Danil
  • ⁠ ⁠Rezki Sri Wibowo
  • ⁠ ⁠Taufik Rachman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper