Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cek 8 Sekolah Kedinasan yang Terkenal

Beberapa sekolah kedinasan menetapkan minimal batas umur 16 tahun.
Ilustrasi pendaftaran Sekolah Kedinasan./BKN
Ilustrasi pendaftaran Sekolah Kedinasan./BKN

Bisnis.com, JAKARTA - Pendaftaran sekolah kedinasan sudah dibuka sejak 15 Mei hingga 13 Juni 2024. Bagi calon pelamar, wajib memenuhi syarat yang diberlakukan tahun ini, agar lolos tahap seleksi.

Setiap instansi memiliki syarat yang berbeda untuk para calon taruna dan taruni, mulai dari dokumen, tinggi badan, berat badan, dan umur.

Beberapa sekolah kedinasan menetapkan minimal batas umur 16 tahun. Namun, jangan khawatir bagi Anda yang berusia 15 tahun masih bisa mendaftar disalah satu institusi.

Batas Umur Sekolah Kedinasan 2024:

1. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Syarat usia masuk Poltek SSN tahun ini yakni minimal 17 tahun dan maksimal 21 tahun pada 31 Desember 2024.

Penerimaan dibuka untuk siswa kelas XII atau lulusan 2021, 2022, dan 2023 dengan latar belakang pendidikan SMA jurusan IPA, MA jurusan IPA, SMK Teknik Elektronika, dan SMK TI Bidang Keahlian Teknologi dan Informasi.

2. Sekolah Kedinasan Kemenhub

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka lamaran untuk para calon taruna atau taruni tahun ini, dengan batas usia minimal 16 tahun dan maksimal 23 tahun.

Jumlah formasi Kemenhub tahun 2024 sebanyak 662, yakni terdiri dari 472 formasi Pola Pembibitan Kemenhub, 144 formasi Pola Pembibitan Pemda, dan 6 formasi Pola Pembibitan Kemenhub khusus Orang Asli Papua (OAP).

3. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMG)

STMG 2024 membuka pendaftaran sampai 13 Juni 2024, dengan ketentuan batas usia minimal 15 tahun dan maksimal 23 tahun. Selain itu, penerimaan dibuka untuk para siswa SMA, MA, SMK, atau sederajat tanpa ketentuan jurusan apapun.

4. Politeknik Statistika STIS

Pendaftaran Politeknik Statistika STIS 2024, mempunyai syarat batas usia yakni minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun pada 1 September 2024.

Pendaftaran tahun ini diperuntukkan bagi para siswa kelas 12 atau lulusan SMA, MA, SMK, atau MAK Bidang Keahlian Teknologi Informasi.

5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

STIN 2024 membuka pendaftaran dengan ketentuan batas usia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun. Dibuktikan dengan Akte Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir.

Pendaftaran tahun ini diperuntukkan bagi siswa SMA, SMK, dan MA dengan rata-rata ijazah minimal 80 dan bukan lulusan paket C.

6. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Syarat pendaftaran IPDN 2024, para peserta calon taruna atau taruni wajib memiliki usia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada tanggal 1 Januari 2024.

Pendaftaran IPDN diperuntukkan bagi lulusan paket C, SMA, dan MA dengan rata-rata nilai ijazah minimal 70. Bagi pelamar dari Papua, minimal memiliki nilai 65 untuk rata-rata rapor dan ujian sekolah

7. Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN

PKN STAN 2024 membuka pendaftaran dengan syarat batas usia minimal 14 tahun dan maksimal 21 tahun pada 1 September 2023. Lowongan diperuntukkan bagi lulusan SMA angkatan 2021, 2022, dan 2023.

Nantinya, para lulusan PKN STAN memiliki kesempatan untuk menjadi PNS di lingkungan kementerian keuangan dan pemerintahan daerah.

8. Poltekip dan Poltekim

Politeknik Imigrasi (Poltekim) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip), membuka lowongan dengan syarat batas usia minimal 17 tahun dan maksimal 23 tahun saat awal pendaftaran 15 Mei 2024.

Pendaftaran tahun ini diperuntukkan bagi calon taruna atau taruni dengan latar pendidikan SLTA/sederajat. (Nur Afifah Azahra Aulia)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper