Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prabowo Sah Jadi Presiden Terpilih, Anies Temui Partai Koalisi

Anies menemui partai koalisinya usai MK resmi mengesahkan kemenangan Prabowo-Gibran.
Calon presiden dan wakil presiden urut 1  Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) menyapa wartawan sebelum sidang putusan perselisihan hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (22/4/2024). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Calon presiden dan wakil presiden urut 1 Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) menyapa wartawan sebelum sidang putusan perselisihan hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (22/4/2024). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – Calon presiden (capres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan langsung mengunjungi partai politik pendukungnya usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak semua dalilnya dalam sengketa hasil Pilpres 2024.

Sekadar informasi, putusan itu melegitimasi keputusan KPU yang telah menetapkan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wapres terpilih. 

Adapun mantan Gubernur DKI Jakarta itu terlebih dulu menyambangi kantor Partai Nasional Demokrat alias Nasdem. Ia bertemu dengan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh. Nasdem adalah partai pertama yang menyatakan mengusung Anies dalam kontestasi politik lima tahunan tersebut.

Setelah Nasdem, Anies juga datang ke kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Senin (22/4/2024), malam. Kunjungan Anies ke partai-partai Koalisi Perubahan dilakukan dalam rangka usai pembacaan putusan hasil sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Berdasarkan pantauan Bisnis, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tiba di Kantor DPP PKB pada sekitar pukul 21.30 WIB. Dia terlihat masih mengenakan busana setelan jas dan dasi yang dipakai saat menghadiri sidang pembacaan putusan sengketa hasil pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK) pagi harinya.

"Jadi setelah selesai keputusan atau putusan MK sudah keluar. Kemudian tadi kami sudah menyampaikan pernyataan juga mungkin sudah lihat. Kemudian kami silaturahmi kepada pimpinan partai-partai pengusung. Jadi tadi DPP Nasdem, lalu malam ini di DPP PKB," katanya kepada wartawan, Senin (22/4/2024).

Anies lalu menyampaikan bakal melanjutkan kunjungannya ke partai terakhir di Koalisi Perubahan, yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Dia menyebut kunjungan yang dilakukannya sejak sore ini sampai besok guna menyampaikan amanah yang sudah dititipkan usa diusung menjadi capres 2024.

Pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu lalu berpesan agar mengawal pemerintah yang bakal dilanjutkan oleh pasangan 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

"Supaya transisi berjalan dengan baik dan harapannya demokrasi kita menjadi lebih baik lagi," tuturnya.

Sebelumnya, di DPP Nasdem, Anies juga menyampaikan hal yang sama terkait dengan pertemuannya dengan Surya Paloh. Seperti diketahui, Nasdem merupakan partai pertama yang mengusung Anies sebagai capres 2024.

"Menyampaikan kepada partai-partai pengusung atas amanat yang kemarin diembankan amanat yang sudah dijalankan proses pada sampai di ujung jadi kemudian silaturahmi menyampaikan bahwa tugas sudah dijalankan," katanya.

Adapun MK dalam putusannya hari ini telah menolak perkara No.1/PHPU.PRES.XXII/2024 dan No.2/PHPU.PRES.XXII/2024 yang dimohonkan masing-masing oleh pasangan 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan pasangan 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Berdasarkan komposisinya, sebanyak lima hakim konstitusi menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar Mahfud sedangkan tiga lainnya berbeda pendapat. "Dalam pokok permohonan, menolak permohonan Pemohon untuk seluruhnya," kata Hakim Konstitusi sekaligus Ketua MK Suhartoyo dalam amar putusan, Senin (22/4/2024).

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilpres 2024, pasangan 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dinyatakan berhasil meraup suara terbanyak yakni 96.214.691 suara. Kemudian, di urutan kedua diikuti oleh pasangan Anies Muhaimin dengan perolehan sebanyak 40.971.906 suara. Lalu, jumlah suara sah Ganjar-Mahfud sebanyak 27.040.878 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper