Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Golkar Duga Prabowo Sudah Bicara dengan 'Pendukung Baru' Soal Jatah Menteri

Partai Golkar menduga calon presiden terpilih Prabowo Subianto sudah berbicara secara informal dengan pendukungnya soal jatah menteri.
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia di Jakarta, Senin (23/1/2023)./Antara
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia di Jakarta, Senin (23/1/2023)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menduga calon presiden terpilih Prabowo Subianto sudah berbicara secara informal dengan para ketua umum (ketum) partai pendukungnya ihwal jatah menteri dalam kabinet baru, termasuk dengan ketum 'partai pendukung baru'.

Doli menegaskan Golkar menghormati apapun keputusan Prabowo. Ia mengatakan bahwa penentuan jatah menteri merupakan hak prerogatif seorang presiden.

"Saya tegaskan sekali lagi soal komposisi kabinet, jumlah berapa, dan seterusnya itu adalah kewenangan presiden terpilih. Kalau berdasarkan 20 Maret kemarin, presiden terpilihnya adalah Pak Prabowo Subianto. Jadi itu sebetulnya kewenangan atau hak prerogatifnya Pak Prabowo," jelas Doli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (25/3/2024).

Meski demikian, dia menduga Prabowo sudah melakukan komunikasi secara informal dengan para ketum partai yang telah mengusungnya dalam ajang Pilpres 2024. Bahkan, menurut Doli, Prabowo juga lakukan komunikasi dengan partai pendukung baru.

"Biasanya presiden terpilih pasti membuka komunikasi terhadap partai-partai pengusung, apalagi [partai] pendukung baru, biasanya begitu. Kita tunggu saja Pak Prabowo, saya kira dalam waktu dekat akan mendukung ketua-ketua parpol itu atau mungkin sebenarnya sudah ada pembicaraan-pembicaraan informal sebelumnya," ujarnya.

Lebih lanjut, Doli meyakini Prabowo sudah punya rumusan komposisi kabinetnya nanti. Entah itu terkait perbandingan jumlah menteri dari partai dengan menteri profesional atau terkait jumlah jatah menteri untuk masing-masing partai pendukung.

Oleh sebab itu, dia meminta setiap pihak bersabar. Menurutnya, kejelasan akan tampak usai Prabowo-Gibran resmi dilantik menjadi presiden dan wakil presiden. "Konkretnya akan terjadi pada saat Pak Prabowo dilantik sebagai presiden, dan kemudian akan mengundang ketum parpol [partai politik] yang lain," tutup Doli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper