Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pileg 2024 Dapil Sumut I: Yasonna Laoly, Meutya Hafid, dan Prananda Paloh Lolos ke Senayan

Para tokoh politik nasional yang lolos ke Senayan dari dapil Sumut I antara lain Yasonna Laoly, Meutya Hafid, Tifatul Sembiring dan Prananda Surya Paloh.
Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Jatinegara melintas di dekat kotak suara Pemilu 2024 di GOR Otista, Jakarta, Kamis (29/2/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha
Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Jatinegara melintas di dekat kotak suara Pemilu 2024 di GOR Otista, Jakarta, Kamis (29/2/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Sederet nama tokoh politik nasional yang ikut serta dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 dari daerah pemilihan Sumatra Utara I berhasil melaju ke Senayan.

Berdasarkan data hasil real count yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU), para tokoh yang lolos sebagai anggota DPR RI dari dapil Sumut I itu di antaranya Yasonna Laoly, Musa Rajekshah, Meutya Hafid, Tifatul Sembiring dan Prananda Surya Paloh.

Dilansir Antara, PDI Perjuangan menduduki peringkat pertama partai dengan perolehan suara terbesar di dapil Sumut I. Alhasil, ‘Partai Banteng’ meraih 2 kursi untuk Sofyan Tan (anggota DPR petahana) dan Menkumham Yasonna Laoly. 

Partai Golkar berada di urutan kedua sekaligus mengamankan dua kursi DPR RI di Dapil Sumut I, yakni untuk Meutya Hafid dan mantan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah.

Posisi ketiga diisi Partai Gerindra yang juga mendapatkan 2 kursi di Dapil Sumut 1, M. Husni (petahana) dan Ade Jona Prasetyo sebagai pendatang baru.

Selanjutnya kursi DPR RI dari PKB di Dapil Sumut I diraih mantan Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan. 

Putra dari Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yakni Prananda Surya Paloh juga mewakili partai ini untuk melaju ke Senayan. Selain itu, mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring serta pendatang baru dari Partai Demokrat Muhammad Lokot Nasution juga melengkapi daftar tersebut.

Adapun, Politikus Partai Golkar Meutya Hafid bakal menjadi satu-satunya calon anggota legislatif perempuan yang terpilih pada Pileg 2024 dari dapil Sumut I.

"Alhamdulillah, penghitungan suara sesuai dengan data DA1 hasil pleno PPK di seluruh kecamatan Dapil Sumut I. Saya memperoleh suara sebanyak 147.004. Ini sebuah kenaikan signifikan dari perolehan suara pada Pemilu 2019," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Meutya yang juga Ketua Komisi I DPR RI bakal melenggang ke Senayan setelah meraih suara sah 147.004 dari Dapil Sumut I yang meliputi Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi. Dari hasil rekapitulasi penghitungan suara sesuai data DA1 hasil pleno PPK di seluruh kecamatan.

Ia menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Provinsi Sumatera Utara, khususnya yang berada di Dapil Sumut I, serta KPU, Bawaslu, TNI/Polri, dan unsur sukarelawan yang telah menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 dengan baik.

"Masyarakat masih mempercayai saya dan Partai Golkar. Semoga amanah ini bisa kami perjuangkan terus bagi rakyat di Sumatera Utara," katanya menegaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper