Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sah! Jokowi Lantik Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam, AHY Menteri ATR

Presiden Jokowi resmi melantik Hadi Tjahnjanto sebagai Menteri Menko Polhukam dan AHY sebagai Menteri ATR/BPN pada reshuffle kabinet hari ini, Rabu (21/2/2024).
Sah! Jokowi Lantik Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam, AHY Menteri ATR / Setkab
Sah! Jokowi Lantik Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam, AHY Menteri ATR / Setkab

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Hadi Tjahnjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dalam reshuffle kabinet pada hari ini, Rabu (21/2/2024).

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang Undang Dasar 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," ujar Jokowi saat membaca sumpah jabatan menteri yang diikuti oleh para pejabat terlantik. 

Sejumlah pejabat turut hadir dalam pelantikan Hadi dan AHY, di antaranya Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan, dan Jaksa Agung RI ST Burhanuddin.

Kemudian terlihat pula, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, serta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Kanavian, Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung juga hadir di sana.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menggantikan Mahfud MD yang mengundurkan diri dari jabatan Menko Polhukam karena maju sebagai cawapres di Pilpres 2024. Hadi yang merupakan Purnawirawan TNI-AU, menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia sejak 15 Juni 2022.

Sebelumnya, dia menjabat sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia antara tahun 2017 dan 2021 dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara periode Januari 2017 hingga Januari 2018.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merupakan Ketua Umum Partai Demokrat hingga saat ini. Dia adalah putra bungsu Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Menilik ke belakang, Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024 tercatat lima kali mengalami perombakan (reshuffle), sehingga keputusan pada hari ini, Rabu (21/02/2024) akan menjadi reshuffle ke-6 pemerintahan Jokowi-Maruf Amin atau ke-9 dalam dua periode kepemimpinan Presiden Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper