Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Lomba TPS Unik Pemilu 2024 di Wilayah Ini

Pemilu 2024 sejumlah wilayah menggelar lomba TPS unik, ini lokasinya
TPS Unik bernuansa pernikahan/ANtara
TPS Unik bernuansa pernikahan/ANtara

Bisnis.com, JAKARTA - Tempat Pemilihan Suara (TPS) menjadi salah satu tempat yang akan banyak dikunjungi pada pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

Di TPS inilah, para pemilih akan menentukan pilihannya dengan mencoblos capres dan caleg pilihannya.

Dari tahun ke tahun, juga kerapkali diadakan lomba TPS unik di masing-masing daerah, termasuk tahun ini.

Berikut wilayah yang menggelar lomba TPS unik pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang

1. Bekasi

Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Bekasi, Jawa Barat menggelar lomba Tempat Pemungutan Suara (TPS) Unik sebagai upaya meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilihan umum 14 Februari 2024.

"TPS yang berhasil menciptakan desain unik akan mendapatkan reward dari Pemkab Bekasi," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan dikutip dari Antara.

Dia mengatakan lomba TPS unik ini melibatkan seluruh lokasi pemungutan suara di daerah itu dengan penilaian dari juri gabungan yang dipimpin Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bekasi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi Ali Rido mendukung kegiatan lomba TPS sebagai salah satu upaya menarik minat masyarakat untuk datang dan menyalurkan hak politik di balik bilik suara.

"Tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 itu 81,34 persen. Kita targetkan angka partisipasi di pemilu tahun ini minimal melampaui pemilu 2019. Tidak usah muluk-muluk yang penting jangan kurang dari itu, minimal 82-83 persen dari jumlah DPT (daftar pemilih tetap)," kata dia.

2. Semarang

Pemerintah Kota Semarang menggelar lomba tempat pemungutan suara (TPS) unik sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum 2024.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, di Semarang, Jawa Tengah, Minggu, mengatakan bahwa masing-masing TPS akan dinilai sesuai dengan kreativitas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

"Ada lombanya. Bisa TPS terbaik atau TPS terunik, agar partisipasinya banyak, dapat apresiasi," kata Ita.

Dalam arahan tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana berharap partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mencapai angka 80 persen.

Ia mengatakan kreativitas sangat diperlukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar berbondong-bondong ke bilik suara, misalnya mendesain TPS dengan konsep yang unik.

Ita mencontohkan ketika Pemilu 2019 terdapat satu di antara TPS di Kota Semarang yang mengangkat tema horor, dengan seluruh petugas KPPS mengenakan pakaian yang identik dengan hantu.

3. Tegal

Wali Kota Tegal, H Dedy Yon Supriono berinisiatif pembentukan TPS (Tempat Pemungutan Suara) unik di 27 Kelurahan Se Kota Tegal.

Dedy Yon berharap dari 763 TPS yang ada di Kota Tegal, setidaknya tiap kelurahan ada TPS yang unik. Tujuannya untuk mempromosikan Kota Tegal dan agar warga tertarik untuk datang dan mencoblos di TPS.

"Saya minta partisipasinya pada tanggal 14 Februari 2024 nanti beberapa TPS di masing-masing kelurahan ada yang unik dan nyentrik, paling tidak nanti ada TPS kita saat pemilu, bahwa Kota Tegal bisa menjadi salah satu sorotan nasional," ujar Dedy Yon.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Elvy Yuniarni S mengatakan adanya TPS unik di masing-masing kelurahan adalah hal yang menarik dan harus ada sesuatu yang berbeda agar dikenal, akan tetapi berbeda dalam hal yang positif dan sesuai dengan aturan yang ada.

Ketua Bawaslu Kota Tegal, Fauzan Hamid ST meingatkan bahwa dalam membuat TPS yang unik, selagi itu tidak melanggar aturan dan tidak melanggar juknis yang ada itu sah-sah saja.

"Yang perlu diperhatikan dari rekan pengawas TPS yang ditunjuk di TPS unik, untuk identitas dari pengawas TPS tidak boleh lepas karena dari pengawas TPS sudah diseragamkan oleh Bawaslu RI untuk wajib dikenakan," terang Fauzan.

4. Majalengka

Pemerintah Kabupaten Majalengka juga menggelar lomba TPS unik dengan hadiah total Rp10.000.000.

Penilaian akan dilakukan oleh tim yang telah dibentuk yang juga bertugas mengawasi pelaksanaan pencoblosan.

5. Magetan

KPU Magetan menggelar lomba TPS unik dengan hadiah jutaan rupiah. Adapun syarat mengikuti lomba tersebut adalah sebagai berikut

Ada Lomba TPS Unik Pemilu 2024 di Wilayah Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper