Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bantah Kirim Kapal RS ke Palestina, Kemlu: KRI Radjiman Hanya Bawa Bantuan

KRI Dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 membawa 220 ton bantuan dan akan port visit untuk mengantarkan bantuan melalui Mesir.
Kapal Rumah Sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992. (ANTARA/Abd Malik Ibrahim)
Kapal Rumah Sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992. (ANTARA/Abd Malik Ibrahim)

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menegaskan bahwa KRI Dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yang baru saja dilepaskan hanya mengantarkan bantuan kemanusiaan ke Palestina, bukan mengirim kapal rumah sakit. 

Juru bicara Kemlu RI Lalu Muhammad Iqbal menjelaskan bahwa bantuan kemanusiaan ke Palestina seberat 220 ton tersebut bersifat port visit di Mesir. Port visit merupakan bentuk kerja sama dengan kunjungan pelabuhan.

"Pelayaran KRI Dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 membawa 220 ton bantuan sifatnya port visit untuk mengantarkan bantuan saja," katanya, dalam keterangan resmi kepada awak media, Kamis (18/1/2024). 

Dia menjelaskan bahwa bantuan yang dikirim dengan kapal tersebut merupakan kelanjutan dari pengiriman bantuan melalui dua misi udara sebelumnya. 

Seperti diketahui, Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto melepas KRI Dr Radjiman Wedyodiningrat-992 yang membawa bantuan kemanusiaan ke Palestina, di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (18/1/2024). 

"Baru saja kita saksikan bersama pelepasan KRI Dr Radjiman yang akan melaksanakan tugas kemanusiaan membawa bantuan kita lagi ke Gaza. 

Mereka akan berangkat selama 15 hari, akan di situ beberapa hari," ucapnya, saat memberi keterangan pers di Dermaga Tanjung Priok, Kamis (18/1/2024). 

Kapal tersebut dilepas dengan membawa bantuan kemanusiaan, seperti makanan, pakaian, selimut, susu, tenda lapangan, perlengkapan kebersihan, air mineral, hingga perlengkapan ibadah. 

"Kita masih negosiasi apakah mereka bisa bertahan di situ untuk melayani, tetapi karena pertimbangan beberapa hal kemungkinan mereka akan kembali sesudah mengantar bantuan," ujarnya. 

Dia mengatakan bahwa kapal rumah sakit untuk saat ini sedang dipersiapkan semuanya, dan yang dilaksanakan saat ini yaitu untuk mengirim bantuan terlebih dahulu, seperti bantuan logistik, obat-obatan, dan bantuan kemanusiaan lainnya. 

Prabowo menegaskan bahwa pelepasan tersebut juga sebagai bukti bahwa Indonesia terus mendukung rakyat Palestina dalam perjuangan membela diri untuk meraih kemerdekaan. 

"Sebagaimana diketahui Indonesia selalu mendukung perjuangan rakyat Palestina dan kita terus akan kerahkan apa yang bisa kita buat untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina," lanjutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper