Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puan Ancam 'Seruduk' Pengganggu Kandang Banteng, Mega Optimistis 1 Putaran

Puan Maharani mengancam siapa saja yang mencoba mengotak-atik kandang banteng.
Ketua DPP PDIP Puan Maharani / BISNIS - Surya Dua Artha
Ketua DPP PDIP Puan Maharani / BISNIS - Surya Dua Artha

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengancam akan meyeruduk siapapun yang mencoba mengganggu kandang banteng.

Kandang banteng adalah sebutan bagi wilayah yang menjadi basis pemilih PDIP. Salah satu daerah yang telah lama menjadi basis PDIP adalah Solo Raya. 

Puan ingin Solo Raya tetap menjadi 'Kandang Banteng'. Puan tidak ingin Solo Raya menjadi 'Taman Mawar', 'Hutan Beringin', ataupun 'Taman Burung'.

Sebagai informasi, mawar merujuk pada lambang Partai Solidaritas Indonesia (PSI); beringin merujuk lambang Partai Golkar; sementara burung merujuk lambang Partai Gerindra.

Pernyataan itu sendiri disampaikan Puan ketika menghadiri syukuran hari ulang tahun ke-51 PDIP di Solo, Jawa Tengah pada Rabu (10/1/2024). Menurutnya, saat ini ada yang coba merebut suara akar rumput pemilih PDIP di Solo Raya.

“Kita tunjukkan bahwa Solo Raya itu Kandang Banteng, bukan Taman Mawar, bukan Hutan Beringin, bukan Taman Burung, tetapi Kandang Banteng; dan kalau ada yang mau utak-atik Kandang Banteng, bisa kena seruduk," kata Puan, dikutip dari rilis medianya.

Ketua DPR RI ini merasa, PDIP sedang menjalani momen-momen bersejarah. Menurutnya, PDIP saat ini sedang diuji mengenai permasalahan kesetiaan.

Ujian tersebut, lanjutnya, menjadi salah satu tes kesolidan dan ideologis partai. Oleh sebab itu, Puan meminta setiap kader PDIP tidak belok dari ideologi yang sudah diajarkan partai.

“Apakah kita mau dituliskan bahwa PDI Perjuangan keok? Apakah kita mau dituliskan bahwa PDI Perjuangan terpecah belah? Tentu saja tidak!” ungkapnya.

Mantan Menko PMK ini menambahkan, PDIP harus dituliskan dalam buku-buku sejarah sebagai partai yang solid. Tak hanya itu, dia juga ingin semua kader PDIP mencetak sejarah sebagai pemenang pemilu tiga kali berturut-turut.

Puan kemudian mengingatkan Pemilu 2024 hanya tinggal 34 hari lagi. Dia menilai, dari apapun hasil pemilu nantinya akan mencerminkan kerja-kerja politik kader PDIP selama ini.

Optimisme 1 Putaran

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri optimistis mampu memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud satu putaran dalam Pilpres 2024.

Mega awalnya menyampaikan kisah sahabat Nabi yang hidup berbahagia dalam keadaan sulit karena memegang teguh jalan kebenaran. Dia pun meminta kepada tamu yang hadir untuk bertepuk tangan dengan kisah tersebut.

"Tepuknya semua dong, kalau gak tepuk artinya gak setuju sama saya. Kok ini kaya ceramah rohani kok? Biarin sadar. Nah ini lagi, siapa yg beragama tolong eling," ujar Megawati di HUT PDIP ke-51, Rabu (10/1/2024).

Kemudian, dia menyampaikan ajaran Siddharta Gautama soal kebohongan tidak akan pernah kebenaran.  

"Bayangkan Sidarta yang banyak juga pengikutnya, juga ada orang bijak yang kalau di ini banyak banget, dia atau mereka berkata, kebohongan itu apapun kebohongan pasti kebenaran akan mengejarnya," tambahnya.

Dari kisah Nabi dan ajaran itu Megawati menegaskan bahwa pihaknya optimistis bahwa Ganjar-Mahfud akan memenangkan satu putaran. Hal itu pun disambut riuh oleh pendukungnya sebanyak tiga kali.

"Jadi insyaallah kita akan menang satu putaran, siap?" ujar Megawati.

"Siap," sambut pendukungnya.

"Kalian siap atau tidak gitu loh? Yakin saya. Orang yang bijaksana, apa? Kebenaran itu suci di atas segalanya, coba bayangkan kalau kita bohong, itu bohong sama diri kita sendiri loh," tutur Megawati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper