Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Israel Gempur Suriah, Perwira Tinggi Iran Tewas

Israel melakukan serangan udara di luar ibukota Suriah, Damaskus, pada Senin (25/12/2023) dan menewaskan seorang penasihat senior Garda Revolusi Iran.
Tentara Israel duduk di dalam kendaraan militer, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Islam Palestina Hamas, dekat perbatasan dengan Gaza, di Israel selatan, 18 Desember 2023. REUTERS/Ronen Zvulun
Tentara Israel duduk di dalam kendaraan militer, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Islam Palestina Hamas, dekat perbatasan dengan Gaza, di Israel selatan, 18 Desember 2023. REUTERS/Ronen Zvulun

Bisnis.com, JAKARTA – Israel melakukan serangan udara di luar ibukota Suriah, Damaskus, pada Senin (25/12/2023) dan menewaskan seorang penasihat senior Garda Revolusi Iran.

Melansir dari Reuters, Selasa (26/12/2023), tiga sumber keamanan dan media pemerintah Iran Press TV melaporkan  bahwa penasihat tersebut, yang dikenal sebagai Sayyed Razi Mousavi, bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan aliansi militer antara Suriah dan Iran.

Juru bicara pasukan Israel (IDF) Laksamana Muda Daniel Hagari menolak berkomentar mengenai tewasnya pejabat tinggi Iran tersebut dan mengatakan IDF hanya melindungi keamanan Israel.

"Saya tidak akan mengomentari laporan-laporan asing, baik ini maupun yang lainnya di Timur Tengah. Militer Israel jelas memiliki tugas untuk melindungi kepentingan keamanan Israel,” ungkap Hagari dalam konferensi pers.

Press TV menyela siaran berita regulernya untuk mengumumkan bahwa Mousavi telah terbunuh dan menggambarkannya sebagai salah satu penasihat Garda Revolusi tertua di Suriah.

Televisi pemerintah Iran tersebut menggambarkan Mousavi telah menjadi salah satu dari mereka yang menemani Qassem Soleimani, kepala Pasukan Quds elit Garda Revolusi Iran yang terbunuh dalam serangan pesawat tak berawak AS di Irak pada tahun 2020.

Duta Besar Iran di Damaskus Hossein Akbari mengatakan bahwa Mousavi ditempatkan di kedutaan sebagai seorang diplomat dan terbunuh oleh rudal Israel setelah pulang kerja.

Presiden Iran Ebrahim Raisi mengatakan bahwa pembunuhan Mousavi menunjukkan kelemahan Israel.

"Tindakan ini merupakan tanda frustrasi dan kelemahan rezim Zionis di wilayah ini yang pasti akan membayar harganya," kata Raisi mengutip media Iran.

Garda Revolusi mengatakan Israel akan menderita karena membunuh Mousavi, yang berpangkat brigadir jenderal.

"Rezim Zionis yang kejam dan biadab akan membayar kejahatan ini," kata Garda Revolusi dalam sebuah pernyataan yang dibacakan di TV pemerintah.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Nasser Kanaani mengatakan bahwa Iran berhak untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menanggapi tindakan ini pada waktu dan tempat yang tepat.

Sementara itu, kelompok Jihad Islam Palestina mengutuk pembunuhan Mousavi sebagai tindakan pengecut, dan mengatakan bahwa ia telah memainkan peran penting dalam mendukung perlawanan di wilayah tersebut serta rakyat Palestina dan perjuangan mereka.

Israel telah bertahun-tahun melakukan serangan terhadap target-target yang terkait dengan Iran di Suriah, di mana pengaruh Teheran telah berkembang sejak mendukung Presiden Bashar al-Assad dalam perang saudara yang meletus di Suriah pada tahun 2011.

Awal bulan ini, Iran mengatakan bahwa serangan Israel telah menewaskan dua anggota Garda Revolusi di Suriah yang bertugas sebagai penasihat militer di sana.

Iran telah mengirim ratusan anggota Garda sebagai "penasihat" untuk membantu melatih dan mengorganisir ribuan pejuang milisi Syiah dari Irak, Afghanistan dan Pakistan untuk mendukung pemerintah dalam konflik Suriah. Para pejuang dari Hizbullah Lebanon juga telah bekerja sama dengan para komandan militer Iran di Suriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper