Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies-Muhaimin Libur Kampanye, Ini Alasannya

Pasangan Capres-Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memilih libur kampanye jelang hajat besar dalam proses menuju Pilpres 2024.
Calon Presiden (Capres) koalisi perubahan, Anies Baswedan saat kampanye perdana di Gor Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (28/11/2023)/Bisnis-Lukman Nur Hakim
Calon Presiden (Capres) koalisi perubahan, Anies Baswedan saat kampanye perdana di Gor Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (28/11/2023)/Bisnis-Lukman Nur Hakim

Bisnis.com, JAKARTA – Kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) Muhammad Syaugi Alaydrus menjelaskan alasan mereka melakukan libur kampanye pada Minggu (10/12/2023).

Syaugi mengatakan libur kampanye diambil lantaran pasangan tersebut tengah mempersiapkan debat capres-cawapres perdana yang akan diselenggarakan di Kantor KPU RI di Jakarta, Selasa (12/12/2023).

"Sekarang untuk pelaksanaan persiapan debat, jadi semua itu perlu dipersiapkan," katanya kepada wartawan, Minggu (10/12/2023).

Adapun, belum lama ini paslon tersebut telah berkampanye di Jawa Barat dan Sumatera Utara pada Sabtu (9/12/2023), sehingga pada hari ini keduanya hanya dijadwalkan untuk mengikuti kegiatan internal.

Syaugi pun memastikan Anies dan Muhaimin merupakan tokoh yang taat aturan, dalam hal ini peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Sehingga, lanjutnya, setiap keputusan KPU akan diikuti oleh Anies-Muhaimin.

Oleh sebab itu, dia berharap acara debat bisa membuat masyarakat mengetahui kemampuan dari masing-masing capres dan cawapres.

"Serta, bisa berargumen, bagaimana, kenapa menyampaikan visi itu. Sehingga bisa dijawab dengan baik, lantang, lugas, dan benar," ujar Syaugi.

Sekadar informasi, debat capres-cawapres akan digelar sebanyak lima kali selama masa kampanye Pemilu 2024. Adapun, debat pertama calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) sudah di depan mata. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menentukan jadwal debat pertama Pilpres 2024 pada Selasa (12/12/2023).

Debat pertama khusus capres pada 12 Desember 2023 akan pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Tema debat kedua khusus cawapres pada 22 Desember 2023 adalah perihal ekonomi; baik itu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Tema debat ketiga khusus capres (7 Januari 2024) adalah seputar pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Tema debat keempat khusus cawapres (21 Januari 2024) mencakup pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Terakhir, tema debat kelima khusus capres (4 Februari 2024) meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper