Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Cara KPK Peringati Hari Antikorupsi Sedunia

KPK mengagendakan sejumlah kegiatan terkait peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2023.
Gedung KPK./Bisnis-Abdullah Azzam
Gedung KPK./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merilis tema Sinergi Berantas Korupsi, Untuk Indonesia Maju, dalam memeringanti Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) yang jatuh pada hari ini, Sabtu (9/12/2023). 

Lewat tema itu, KPK menegaskan ingin meningkatkan peran masyarakat dan partisipasi publik dalam upaya pemberantasan korupsi saat ini. 

“KPK ingin meningkatkan peran masyarakat dan partisipasi publik dalam pemberantasan korupsi,” tulis KPK lewat akun instagram resminya, dikutip Sabtu (9/12/2023).

Adapun, perayaan puncak Hakordia 2023 bakal digelar di Istora Senayan 12-13 Desember 2023 mendatang. 

Beberapa kegiatan pada hari puncak itu di antaranya Seminar Nasional Perempuan Indonesia Antikorupsi, Launching dan Bedah Buku, Workshop Penguatan Peran Focal Point dalam capaian Stranas PK, Diskusi Publik Peran Komite Advokasi Daerah dalam Pencegahan Korupsi Dunia Usaha dan Lelang Barang Gratifikasi. 

Sebelumnya, sejak 31 Agustus 2023 lalu, KPK lebih dahulu melaksanakan sejumlah kegiatan road to Hakordia 2023 sampai dengan 8 Desember 2023. 

Sejumlah kegiatan itu di antaranya roadshow bus antikorupsi KPK, integrity expo, workshop revisiting implementasi UNCAC, temu aksi penyuluh antikorupsi dan ahli pembangun integritas, rapat koordinasi nasional pendidikan antikorupsi hingga launching desa antikorupsi.

Menurut KPK, Hakordia menjadi penting sebagai wujud komitmen perlawanan terhadap korupsi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak buruk praktik korupsi. 

“Sebagai bentuk komitmen perlawanan terhadap korupsi dan meningkatkan kesadaran masyarakat,” tulis KPK.

UN PBB menetapkan Hari Anti Korupsi Melalui resolusi 58/4 sejak tanggal 31 Oktober 2003.

Majelis Umum menggelar Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa Menentang Korupsi dan meminta agar Sekretaris Jenderal menunjuk Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNODC) sebagai sekretariat untuk Konferensi Negara-Negara Pihak Konvensi.

Selain itu, majelis juga menetapkan 9 Desember sebagai Hari sejarah Anti Korupsi Internasional, untuk meningkatkan kesadaran korupsi dan peran Konvensi dalam memerangi dan mencegahnya.

Konvensi ini mulai berlaku pada bulan Desember 2005.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper