Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Surat Al-Fatihah: Arab, Terjemahan dan Keutamaannya

Berikut ini adalah keutamaan surat Al-Fatihah disertai dengan terjemahan.
Ilustrasi berdoa setelah membaca Al-Quran/nu.or.id
Ilustrasi berdoa setelah membaca Al-Quran/nu.or.id

Bisnis.com, JAKARTA - Surat Al-Fatihah yang juga disebut Ummul Kitab, memegang peran yang sangat penting dalam agama Islam. Surat ini merupakan pembukaan dari Al-Qur'an, terdiri dari tujuh ayat yang penuh makna dan keutamaan. Di dalamnya terkandung doa serta pujian kepada Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Surat Al-Fatihah dimulai dengan kalimat Bismillahirrahmanirrahim, yang berarti "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang". Pembukaan ini menunjukkan betapa pentingnya menyebut nama Allah sebelum melakukan suatu perbuatan atau tindakan, mengingat bahwa segala sesuatu dimulai dengan izin dan bantuan dari-Nya.

Selain itu, Surat Al-Fatihah memiliki kedudukan istimewa dalam ibadah umat Islam. Abu Hurairah menegaskan bahwa salat seseorang tidak akan sah kecuali ia membaca Surat Al-Fatihah.

Rasulullah SAW memperhatikan pelafalan surat ini secara baik dan sempurna, sehingga memberikan teguran kepada siapa pun yang membaca dengan tergesa-gesa atau terlalu cepat.

Bahkan menurut suatu riwayat, membaca Surat Al-Fatihah bersamaan dengan Al-Mu'awwidzatain (Surat Al-Falaq dan Surat An-Naas) tujuh kali setelah shalat Jum'at tanpa beranjak dari tempat duduk akan memberikan keberkahan. Orang yang melakukannya akan mendapat perlindungan dari Allah hingga tiba Jum'at berikutnya.

Surat Al-Fatihah dan Terjemahan

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ ١ اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ ٢ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ ٣ مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ ٤ اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ ٥ اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَۙ ٦ صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ ࣖ ٧ ( الفاتحة/1: 1-7)

Terjemahan Kemenag:

  1. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
  2. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam,
  3. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,
  4. Pemilik hari pembalasan.
  5. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.
  6. Tunjukilah kami jalan yang lurus,
  7. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat. (Al-Fatihah/1:1-7)

Keutamaan Surat Al-Fatihah

Sementara berikut ini keutamaan Surat Al Fatihah.

1. Tujuh Ayat yang Diulang-ulang

Dikutip dari tafsir Kemenag RI, Surat Al-Fatihah memiliki keutamaan yang sangat istimewa dalam agama Islam. Surat yang menjadi inti Al-Quran ini memiliki dalil keutamaan yang tertera dalam ayat Al-Hijr (15:87) yang menjelaskan pemberian tujuh ayat yang diulang-ulang dan Al-Quran yang agung.

Surat Al-Hijr Ayat 87

وَلَقَدْ اٰتَيْنٰكَ سَبْعًا مِّنَ الْمَثَانِيْ وَالْقُرْاٰنَ الْعَظِيْمَ

Sungguh, Kami benar-benar menganugerahkan kepadamu tujuh (ayat) yang (dibaca) berulang-ulang408) dan Al-Qur’an yang agung.

408) Yang dimaksud dengan tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang adalah surah al-Fātiḥah yang terdiri atas tujuh ayat. Sebagian mufasir mengatakan bahwa yang dimaksud adalah tujuh surah yang panjang, yaitu al-Baqarah, Āli ‘Imrān, al-Mā’idah, an-Nisā’, al-A‘rāf, al-An‘ām, dan al-Anfāl yang digabung dengan at-Taubah.

Ayat ini menegaskan bahwa Allah SWT telah menurunkan tujuh ayat yang diulang-ulang, dan Al-Quran yang agung. Meskipun tidak disebutkan secara eksplisit dalam ayat tersebut, hadis menjelaskan bahwa tujuh ayat yang diulang-ulang adalah Surat Al-Fatihah.

Dalam sebuah riwayat hadis, Rasulullah SAW menyatakan Al-Fatihah sebagai "as-sab'ul matsani" dan "Al-Qur'an yang agung."

Hadis yang diriwayatkan oleh Abu Said Al-Mu'alla sebagai berikut:

"Telah lewat di hadapanku Nabi saw sedang saya dalam salat, maka dia memanggilku dan aku tidak mendatanginya hingga aku selesai salat. Kemudian aku datang kepadanya, kemudian Nabi berkata, "Kenapa engkau tidak datang kepadaku." Aku menjawab, "Aku sedang salat." Beliau berkata, "Bukanlah Allah telah berfirman, "Hai orang-orang yang beriman perkenankanlah seruan Allah dan rasul," kemudian beliau berkata, Ketahuilah! Aku akan mengajarkan kepadamu surah yang paling agung di dalam Al-Qur'an, sebelum aku keluar dari mesjid ini." Maka Nabi saw pergi untuk keluar lalu beliau kuingatkan, maka katanya,"Al-hamdu lillahi rabbil-'alamin adalah "as-sab'ul-matsani" dan "Al-Qur'an yang agung" yang telah diberikannya kepadaku." (Riwayat al-Bukhari)

2. Surat Al-Fatihah Sebagai Obat

Dalam kisah yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, terdapat suatu kaum yang terkena sengatan binatang di dekat mata air. Salah satu sahabat Nabi datang untuk meruqyah dengan membacakan Al-Fatihah, yang akhirnya menyebabkan kesembuhan bagi orang tersebut. Kejadian ini menunjukkan bahwa Al-Fatihah memiliki kekuatan sebagai penyembuh dalam situasi-situasi tertentu.

Dikutip dari NU Online, Abu Sa'id Al-Khudri dan Abu Hurairah yang menjelaskan.

فَاتِحَةُ الْكِتَابِ شِفَاءٌ مِنَ السَّمِّ

Artinya :Fatihatul kitab adalah obat bagi yang terkena racun. (HR abu Syaikh dalam At-Tsawab dan Al-Baihaqi: V/378)

Sementara Abdul Malik bin Umair berkata, Rasulullah bersabda.

فَاتِحَةُ الْكِتَابِ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ

Artinya : Dalam Fatihatul kitab terdapat obat untuk segala penyakit.

3. Mengandung Hikmah yang Sangat Tinggi

Surat Al-Fatihah merupakan bagian yang sangat istimewa dalam Al-Qur'an. Dalam berbagai riwayat hadis dan kutipan ayat Al-Qur'an, disebutkan bahwa Surat Al-Fatihah memiliki kedudukan yang sangat istimewa. Surat ini sering disebut sebagai Ummul Kitab, yang memiliki keutamaan luar biasa dalam agama Islam.

Seperti dijelaskan Abu Umamah, ada empat ayat yang termasuk dalam perbendaharaan Arsy. Tidak ada satupun yang diturunkan selain ummul Kitab, ayat Kursi, penutup surat Al-Baqarah dan Al-Kautsar.

وَإِنَّهُ فِى أُمِّ الْكِتَـٰبِ لَدَيْنَا لَعَلِىٌّ حَكِيمٌ

Artinya : Dan sesungguhnya Al-Qur'an itu dalam induk al-Kitab (lauh mahfudz) di sini Kami, adalah benar-benar tinggi (nilainya) dan sangat banyak mengandung hikmah. (Az-Zukhruf: 4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper