Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masuki Musim Hujan, Wapres Maruf Minta Serukan Antisipasi dan Mitigasi Bencana

Wapres Maruf Amin mengamini info bahwa Indonesia diprakirakan memasuki musim hujan pada Oktober hingga Desember 2023 sehingga mitigasi bencana harus didorong
Masuki Musim Hujan, Wapres Maruf Minta Serukan Antisipasi dan Mitigasi Bencana. Wapres Maruf Amin / Setwapres
Masuki Musim Hujan, Wapres Maruf Minta Serukan Antisipasi dan Mitigasi Bencana. Wapres Maruf Amin / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengamini menjelang akhir tahun, Indonesia diprakirakan akan memasuki musim hujan pada Oktober hingga Desember 2023.

Adapun pada November ini, beberapa wilayah di Indonesia pun sudah mendapatkan curah hujan tinggi. Hal ini menyebabkan terjadinya banjir dan longsor di beberapa daerah.

Oleh karena itu, Wapres Ke-13 RI itu menilai bahwa untuk mengantisipasi terjadinya bencana yang mungkin terjadi akibat curah hujan tinggi, diperlukan antisipasi dan mitigasi yang baik dari semua pihak, termasuk pemerintah daerah (pemda).

“Harus kita siapkan [mitigasi bencana] dan antisipasi,” tegasnya usai memberikan Orasi Ilmiah pada Sidang Senat Terbuka Universitas Islam Nusantara (UNINUS) di Aula UNINUS, Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/11/2023).

Lebih lanjut Wapres asal Tangerang itu menyampaikan, dari sisi masyarakat, seluruhnya diharapkan dapat melakukan antisipasi datangnya musim hujan ini, sebagai garda pertama dalam penanggulangan terjadinya bencana banjir dan longsor.

“Masyarakat harus siap. Apalagi yang biasa kena banjir, atau kena longsor, itu sudah harus bersiap-siap untuk mengantisipasi segala kemungkinan. Jadi masyarakat sendiri yang sudah paham, wah ini ada ini [potensi banjir dan longsor], kita harus siap-siap,” imbuhnya.

Sementara dari sisi pemerintah daerah, Ma’ruf meminta agar dilakukan persiapan dalam hal literasi bencana, hingga penyediaan saluran air yang baik dan memadai.

“Kemudian juga pemerintah daerah, harus menyiapkan juga menyangkut masalah saluran-saluran, sungai-sungai, dan tanggul-tanggul itu, jangan sampai ada tanggul jebol lagi. Kemudian juga warning (peringatan) kepada masyarakat yang tadi, daerahnya sering ada longsor,” tegasnya.

Terakhir, dari pemerintah pusat, Wapres pun memerintahkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk terus mengawal implementasi mitigasi bencana dan kesiapan petugas di lapangan dalam menghadapi musim hujan ini.

“Pemerintah pusat juga BNPB saya minta juga sudah memetakan daerah-daerah rawan banjir, rawan longsor yang memang biasa terjadi di musim hujan,” pungkas Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper