Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Wamendes Paiman Raharjo Mantan Tukang Sapu hingga Ketum Relawan Jokowi

Berikut ini profil Paiman Raharjo Wamendes yang mantan tukang sapu hingga Ketum Relawan Jokowi.
Paiman Raharjo.
Paiman Raharjo.

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Paiman Raharjo disorot usai videonya yang diduga memimpin acara pemenangan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024 viral di media sosial.

Dalam video yang dilihat Binsis.com pada Senin (30/10/2023), Paiman menjelaskan mengenai struktur panitia pemenangan Gibran.

Namun menurut pengakuan Paiman, acara tersbeut merupakan rapat Sedulur Jokowi yang digelar di rumahnya, dan membantah memanfaatkan posisinya sebagai Wamendes.

Profil Wamendes Paiman Raharjo

Prof. Paiman Raharjo lahir di Klaten pada 15 Juni 1967, ia diangkat sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) periode 2023-2024 oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Juli lalu.

Paiman meninggalkan kampung halamannya setelah menyelesaikan SMP pada tahun 1985. Dia merantau ke Jakarta.

Di Jakarta, ia memulai karirnya sebagai seorang tukang sapu di Yayasan Gembala Baik. Meski pekerjaannya terbilang sederhana, Paiman tidak pernah menyerah.

Tidak hanya berhenti di situ, Paiman juga berusaha untuk melanjutkan pendidikannya. Ia lulus dari Sekolah Teknik Menengah (STM) Budhaya Jakarta pada tahun 1989.

Kemudian Paiman melanjutkan pendidikan sarjana (S1) dalam Ilmu Administrasi dan kemudian meraih gelar Magister (S2) dalam Magister Administrasi di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta.

Namun, Paiman tidak berhenti di situ saja, ia melanjutkan pendidikan doktor (S3) dalam Ilmu Administrasi di Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Paiman mendapatkan berbagai posisi strategis di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta

Karirnya di dunia akademik, dimulai Kasubag, Wakil Dekan, Direktur PPs, hingga akhirnya menjadi Rektor universitas tersebut.

Selain kesuksesannya di dunia pendidikan, Paiman juga aktif di dunia usaha. Ia membuka beragam bisnis, mulai dari percetakan, foto kopi, restoran, biro travel, kost-kostan, properti, dan sejumlah bisnis lainnya.

Di dunia politik, pada Pilpres 2019, Paiman menjadi Ketua Umum Relawan Sedulur Jokowi. Ia aktif dalam mendukung perjuangan politik dan menjadi bagian dari gerakan politik yang penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper