Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi dan Demokrat Makin Akrab, Sinyal AHY Jadi Mentan?

Jokowi memperkuat sinyal bahwa sosok dari partai Demokrat akan masuk ke dalam Kabinet dengan mendapat kursi menteri yakni AHY mengisi kursi Mentan
Jokowi dan Demokrat Makin Akrab, Sinyal AHY Jadi Mentan? Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan keterangan pers di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Senin (4/9/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha
Jokowi dan Demokrat Makin Akrab, Sinyal AHY Jadi Mentan? Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan keterangan pers di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Senin (4/9/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) kian memperkuat sinyal bahwa sosok dari partai Demokrat akan masuk ke dalam Kabinet Indonesia Maju (KIM) dengan mendapat kursi menteri.

Hal ini ditandai melalui pertemuan Presiden dengan Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang belum lama ini terjadi di tengah rencana perombakan (reshuffle) menteri.

Sayangnya, Jokowi irit bicara untuk membocorkan ragam isu yang dibahasnya bersama dengan putra dari Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

“Ya [pertemuan] biasa, ya pertemuan silaturahmi, berbicara hal-hal yang biasa kami bicarakan apabila bertemu dengan partai,” ujarnya kepada wartawan di Plataran Hutan Kota Senayan, Selasa (24/10/2023).

Lebih lanjut, orang nomor satu di Indonesia itu tak menampik bahwa dalam waktu dekat dirinya akan melakukan reshuffle menteri pada pekan ini.

Kepala Negara pun tak segan menyebut bahwa pos menteri yang akan diisi adalah Mengeri Pertanian (Mentan) definitif yang saat ini tengah diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Mentan Arief Prasetyo Adi.

"Hmm mungkin minggu ini. [Sekarang prosesnya] baru disiapkan. [Pos yang akan diisi] Menteri pertanian," katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun hanya menggangguk saat ditanyakan wartawan mengenai Demokrat yang akan mengisi reshuffle kabinet.

Menariknya, sehari sebelum Jokowi berbicara soal pertemuan dan reshuffle menteri pertanian, AHY membicarakan komitmen partainya mengenai kemajuan pertanian lokal lewat unggahan foto di Instagram @agusyudhoyono.

Unggahan tersebut seolah memberi sinyal penunjukan AHY sebagai Menteri Pertanian. Melalui postingan soal apel Malang dan mengenai dunia pertanian seolah menjadi sinyal yang ingin ditunjukkan putra Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Untuk diketahui, AHY mengunggah foto dan video saat berada di Kebun Puri Agung, Kota Batu, Jawa Timur. Dia pun mengajak masyarakat mengonsumsi produk pertanian lokal. Mantan Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203 Arya Kamuning itu memamerkan produk tani unggulan apel Malang.

"Jangan lupa untuk selalu konsumsi produk pertanian lokal kita, salah satunya produk unggulan dari Jawa Timur, yaitu apel Malang! Ini adalah momen di mana saya bisa memetik langsung buah apel dari pohonnya, lokasinya di Kebun Puri Agung, Kota Batu, Jawa Timur," tulis AHY dikutip melalui akun instagram @agusyudhoyono.

AHY menilai sektor pertanian Tanah Air perlu terus dibangun. Bahkan, dia memastikan partainya berkomitmen mendorong kemajuan inovasi dan teknologi di bidang pertanian dalam menyediakan ketersediaan pangan.

"Pertanian kita adalah salah satu sektor yang perlu kita bangun dan dorong untuk bangkit dan maju. Partai kami akan terus mendorong terjaminnya ketersediaan pupuk, hadirnya inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia di bidang pertanian agar kita semakin mandiri dan produktif utamanya dalam menyediakan ketersediaan pangan," tuturnya.

Di akhir keterangannya, dia pun mengajak masyarakat turut berbagi cerita soal apel malang.

"Di sini ada yang suka apel Malang? Cerita di kolom komentar ya," tandas AHY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper