Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rangkuman Perang Israel vs Hamas Hari ke-10, Jenazah Korban Terpaksa Disimpan di Truk Es Krim

Perang Hamas vs Israel memasuki hari kesepuluh. Israel berjanji menghancurkan Hamas ketika pasukan bersiap bergerak ke Jalur Gaza.
Pengungsi Palestina membawa bendera saat unjuk rasa untuk mengekspresikan solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza, di kamp pengungsi Burj al-Barajneh di Beirut, Lebanon 11 Oktober 2023. REUTERS/Emilie Madi
Pengungsi Palestina membawa bendera saat unjuk rasa untuk mengekspresikan solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza, di kamp pengungsi Burj al-Barajneh di Beirut, Lebanon 11 Oktober 2023. REUTERS/Emilie Madi

Bisnis.com, JAKARTA - Perang antara Hamas dan Israel memasuki hari kesepuluh pada Senin (16/10/2023). Israel berjanji menghancurkan Hamas ketika pasukan bersiap bergerak ke Jalur Gaza untuk mengejar militan Hamas.

Melansir Reuters, para pejabat tinggi Amerika Serikat (AS) memperingatkan bahwa perang antara Israel dan kelompok militan Hamas bisa meningkat, ketika kapal perang Amerika menuju ke wilayah tersebut di tengah meningkatnya bentrokan di perbatasan Utara negara itu dengan Lebanon.

Sementara, Israel mendesak warga Palestina untuk mengungsi ke wilayah Selatan. Terkait dengan itu, ratusan ribu orang setelah meninggalkan Kota Gaza, yang merupakan rumah bagi sekitar setengah dari populasi wilayah tersebut yang berjumlah lebih dari 2 juta orang. Sedangkan, Hamas telah meminta mereka untuk tetap tinggal.

Konflik

1. Iran memperingatkan Israel akan melakukan eskalasi jika gagal mengakhiri agresi terhadap Palestina.
Menteri luar negeri negara tersebut mengatakan pihak-pihak lain di wilayah tersebut siap mengambil tindakan, lapor Kantor Berita semi-resmi Fars.

2. Warga Palestina sangat ingin mencari tempat persembunyian yang aman, namun perjalanan ke Selatan juga penuh dengan risiko.
Hamas telah meminta masyarakat untuk tidak pergi dan mengatakan jalan keluar tidak aman.
Dikatakan bahwa puluhan orang tewas dalam serangan terhadap mobil dan truk yang membawa pengungsi pada hari Jumat (13/10/2023), yang tidak dapat diverifikasi secara independen oleh Reuters.

Adapun, Israel mengatakan Hamas mencegah orang-orang meninggalkan negaranya untuk menggunakan mereka sebagai tameng hidup, namun hal ini dibantah oleh Hamas.

3. Serangan darat dan serangan udara Israel yang diperkirakan akan terjadi telah menimbulkan kekhawatiran akan penderitaan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Jalur Gaza yang sempit dan miskin, salah satu tempat paling padat penduduknya di dunia.

Salah satu contohnya: cucu perempuan Um Mohammad Al-Laham yang berusia 4 tahun, Fulla Al-Laham, terbaring di rumah sakit Gaza.
Dia mengatakan serangan udara menghantam rumah keluarga tersebut, menewaskan 14 orang termasuk orang tua Fulla, saudara kandung dan anggota keluarga besarnya.

4. Para pejabat kesehatan Gaza menyimpan jenazah warga Palestina yang tewas akibat serangan udara Israel di dalam truk pendingin es krim karena memindahkan mereka ke rumah sakit terlalu berisiko dan kuburan tidak memiliki cukup ruang.

5. Tim forensik militer di Israel memeriksa jenazah korban serangan Hamas pekan lalu terhadap masyarakat di sekitar Jalur Gaza dan menemukan banyak tanda penyiksaan, pemerkosaan, dan kekejaman lainnya, kata para petugas.

Diskusi

1. Para pejabat AS dan Israel sedang mendiskusikan kemungkinan kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Israel dalam waktu dekat atas undangan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

2. Mesir mengatakan pihaknya meningkatkan upaya diplomatik untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Presiden Abdel Fattah al-Sisi mengatakan kepada Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken yang berkunjung bahwa pemboman Israel tidak proporsional.

3. Blinken akan kembali ke Israel pada hari Senin (16/10/2023), kata seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri, memperpanjang diplomasi Timur Tengahnya satu hari. Dia tiba di Israel pada hari Kamis (12/10/2023) dan sejak itu mengunjungi enam negara Arab.

4. Sekelompok senator AS akan melakukan perjalanan ke Timur Tengah untuk mendorong Israel dan Arab Saudi melanjutkan pembicaraan mengenai normalisasi hubungan, kata Senator Carolina Selatan Lindsey Graham dalam acara "Meet the Press" di NBC.

Finansial

1. Perang ini akan berdampak pada anggaran Israel, namun hal ini dapat diatasi karena negara tersebut memasuki konflik dengan posisi fiskal yang kuat, kata Gubernur Bank Israel Amir Yaron.

Sulit untuk memberikan angka pasti mengenai dampaknya terhadap anggaran, ujarnya pada panel G30.

2. Risiko geopolitik terhadap pasar keuangan meningkat sementara investor menunggu untuk melihat apakah konflik ini akan terjadi di negara lain, yang berpotensi menaikkan harga minyak dan memberikan pukulan baru terhadap perekonomian dunia.

3. Tumpukan kapal bertambah di pelabuhan-pelabuhan Israel di tengah persiapan serangan darat Israel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper