Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hizbullah, Kelompok Muslim Syiah Sekutu Iran yang Ditakuti Israel

Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian, memberi peringatan kepada Israel dengan membawa-bawa kelompok Hizbullah.
Ilustrasi pasukan Hizbullah
Ilustrasi pasukan Hizbullah

Bisnis.com, SOLO - Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian, memberi peringatan kepada Israel dengan membawa-bawa kelompok Hizbullah.

Hossein Amirabdollahian mengatakan bahwa kelompok Hizbullah sudah siap perang jika mereka dibutuhkan untuk membela Palestina dan Gaza.

Oleh sebab itu, jika tak ingin perang besar terjadi, Iran meminta Israel agar menghentikan serangannya terhadap Gaza sesegera mungkin.

Bukan hanya dalam forum PBB, Iran kembali mengulangi "ancamannya" tersebut dalam sebuah Tweet.

Mereka memeringatkan bahwa jika “kejahatan perang & genosida” Israel tidak segera dihentikan, hal ini dapat menimbulkan “konsekuensi yang luas” dan situasi dapat “menjadi tidak terkendali.”

Israel cukup takut dengan Hizbullah

Hizbullah merupakan partai politik dan kelompok militan Muslim Syiah yang berbasis di Lebanon.

Iran terpaksa menggunakan Hizbullah dalam pernyataannya untuk menarik perhatian Israel dan agar bangsa tersebut mempertimbangkan manuver mereka kembali.

Sebab hingga saat ini Israel masih menganggap Hizbullah sebagai ancaman langsung yang paling serius.

Tidak diketahui pasti apa kekuatan yang dimiliki Hizbullah hingga membuat Israel takut. Akan tetapi, kelompok tersebut dilaporkan memiliki sekitar 150.000 roket dan rudal, termasuk rudal berpemandu presisi yang dapat menyerang wilayah mana pun di Israel.

Kelompok tersebut juga memiliki ribuan pejuang tangguh yang berpartisipasi dalam konflik Suriah selama 12 tahun. Hizbullah dilaporkan juga memiliki berbagai jenis drone militer.

Saat ini menurut Times of Israel, pejuang Hizbullah telah bersiaga penuh di sepanjang perbatasan Lebanon dengan Israel menyusul serangan yang dilakukan kelompok teror Palestina Hamas.

Pada hari Jumat, Hizbullah mengatakan para pejuangnya menembakkan beberapa roket ke empat posisi Israel di sepanjang perbatasan.

Pada Sabtu sore, Hizbullah menembakkan rentetan roket dan peluru ke posisi Israel di kawasan Gunung Dov yang disengketakan, yang oleh Lebanon disebut sebagai Peternakan Sheba. Pasukan Israel membalas tembakan ke daerah terdekat di Lebanon selatan.

Manuver ini cukup membuat Israel merasa terteror dengan apa yang dilakukan oleh kelompok Hizbullah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper