Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Spesifikasi Merkava MK4, Tank Tercanggih No.6 Dunia Milik Israel yang Hancur Lebur di Tangan Hamas

Israel memiliki salah satu tank tercaggih no.6 di dunia yang dikenal dengan nama Merkava MK4.
Merkava Mk4 kebanggaan Israel hancur lebur di tangan Hamas
Merkava Mk4 kebanggaan Israel hancur lebur di tangan Hamas

Bisnis.com, SOLO - Israel memiliki salah satu tank tercaggih no.6 di dunia yang dikenal dengan nama Merkava MK4. Akan tetapi, salah satu tank kebanggaan Israel tersebut hancur lebih di tangan Hamas.

Military Today pernah merangkum 10 jajaran tank tercanggih di dunia. Dan tank Merkava tipe Mk4 menjadi tank tercanggih nomor keenam dalam daftar tersebut.

Posisinya hanya berada di bawah tank tercanggih di dunia buatan Jerman (Leopard 2A7A1), juga di bawah K2 Black Panther (Korea Selatan), M1A2 SEP Abrams (AS), Challenger 2 (Inggris), serta Armata (Rusia).

Sementara menurut laman Engineerine, tank Merkava Mk4 menjadi tank nomor tiga tercanggih di dunia, di bawah tank tercanggih M1A2 SEP Abrams (AS) dan T-14 Armata (Rusia).

Tank Merkava Mk4 Israel disebut tank yang paling terlindungi dengan sistem keamanan aktif, Trophy.

Akan tetapi pada 9 Oktober 2023 lalu, kejadian tak terduga datang kepada Merkava Mk4. Bagaimana tidak, tank tercanggih no.6 di dunia tersebut hancur lebur dalam serangan Hamas Palestina.

Terlihat dari video yang dibagikan oleh beberapa media internasional, Merkava mk4 meledak setelah mendapatkan serangan Hamas.

Serangan terhadap tank tersebut menyebabkan kepulan asap yang luar biasa disertai dengan bunyi ledakan yang sangat keras.

Insiden ini kembali membuat pertahanan Israel dipertanyakan. Bagaimana tank terkuat no.6 di dunia bisa hancur dengan serangan Hamas yang dikenal tak punya banyak perlalatan canggih.

Dikutip dari Defense Express, kemungkinan besar sistem perlindungan aktif Trophy telah gagal mengantisipasi serangan dari atas. Sebab dalam serangannya, Hamas melakukan serangan dari posisi samping.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper