Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Memanas, Belarusia Klaim Helikopter Polandia Langgar Batas Wilayah

Belarusia klaim helikopter Polandia langgar batas wilayah bikin suasana antar dua negara makin tegang.
Ilustrasi helikopter./Helihub.com
Ilustrasi helikopter./Helihub.com

Bisnis.com - Komite Perbatasan Negara Belarusia mengklaim bahwa helikopter Polandia melanggar wilayah udara Belarusia pada 1 September. Warsawa belum mengkonfirmasi insiden tersebut.

Menurut penjaga perbatasan Belarusia, helikopter militer Mi-24 diduga melintasi perbatasan dengan distrik Byerastavitsa Belarusia di wilayah Grodno.

Minsk mengklaim bahwa pesawat Polandia terbang 1.200 meter ke wilayah Belarusia pada ketinggian yang sangat rendah dan kemudian kembali.

Komite menerbitkan sebuah video yang diduga menunjukkan helikopter tersebut terbang kembali ke Polandia, namun tidak mungkin untuk mengetahui asal muasal pesawat tersebut dan memverifikasi lokasinya dari rekaman tersebut.

Penjaga perbatasan menambahkan bahwa mereka telah memberi tahu pihak Polandia tentang dugaan pelanggaran tersebut. Kementerian Luar Negeri Belarus memanggil kuasa usaha Polandia untuk meminta penjelasan.

Hingga malam tanggal 1 September, pemerintah Polandia belum mengomentari tuduhan tersebut.

Sebulan yang lalu, Kementerian Pertahanan Polandia mengatakan bahwa dua helikopter Belarusia melanggar wilayah udara negara itu selama latihan di dekat perbatasan, yang telah dibantah oleh Minsk.

Ketegangan di perbatasan Belarus dengan Polandia dan negara-negara Baltik telah meningkat sejak tahun 2021, ketika Minsk merekayasa krisis migran.

Kekhawatiran di kalangan anggota NATO di wilayah timur kembali meningkat setelah invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina dan baru-baru ini ketika para pejuang Grup Wagner Rusia mulai pindah ke Belarus setelah pemberontakan singkat mereka melawan Kremlin.

Menanggapi meningkatnya ketegangan, negara-negara di sisi timur NATO mulai memperkuat perbatasan timur mereka dan membatasi jumlah penyeberangan perbatasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper