Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sepatu Pembawa Baki Paskibraka HUT ke-78 Kemerdekaan Terlepas, Wajah Lily Tetap Semringah

Meskipun sepatu kirinya terlepas saat bertugas di upacara HUT ke-78 Kemerdekaan di Istana Negara, senyum Lily, pembawa baki Paskibraka tetap semringah
Sepatu Pembawa Baki Paskibraka HUT ke-78 Kemerdekaan Terlepas, Wajah Lily Tetap Semringah / Setpres
Sepatu Pembawa Baki Paskibraka HUT ke-78 Kemerdekaan Terlepas, Wajah Lily Tetap Semringah / Setpres

Bisnis.com, JAKARTA – Sepatu pada kaki kiri pembawa baki pada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) terlepas usai mengibarkan bendera pada Upacara HUT RI ke-78 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Lilly Wenda merupakan pembawa baki bendera Sang Saka Merah Putih pada Paskibraka tahun ini. Lilly dan seluruh anggota Paskibraka pun melaksanakan pengibaran bendera pada upacara yang dilaksanakan di Istana Merdeka pada hari ini.

Berdasarkan pantauan Bisnis, pada saat awal proses pengibaran bendera, Lilly dan seluruh anggota Paskibraka melaksanakan seluruh prosesi dengan rapi dan teratur dalam formasi baris berbaris.

Saat membentangkan Sang Saka Merah Putih, Paskibaraka pun mendapatkan tepuk tangan yang meriah dari para peserta upacara.

Tepuk tangan yang meriah juga menyambut para anggota pasukan pengibar Merah Putih usai Inspektur Upacara, Presiden Joko Widodo, turut memberikan tepuk tangan dengan turut tersenyum.

Namun, ketika Paskibraka berjalan balik ke lokasi ke halaman Istana Negara, sepatu sebelah kiri pembawa baki Lillu Wenda tampak hilang. Sepatu yang awalnya terlihat dikenakan Lilly pada saat memulai prosesi pengibaran bendera, tidak tampak lagi menutupi kaus kaki putihnya saat berjalan balik dari lapangan utama.

Meski demikian, Lilly dan rekan-rekannya tetap melakukan formasi baris berbaris sampai selesai dengan teratur. Wajah Lilly pun tampak bergeming kendati sepatu sebelah kirinya terlepas.

Untuk diketahui, pembawa baki pada Paskibraka tahun ini yaiti Lilly Indriani Suparman Wenda merupakan siswi SMA 1 Wamena. Lilly merupakan siswi yang dikirim dari Provinsi Papua Pegunungan untuk melaksanakan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih di Istana Negara.

Adapun Lilly merupakan satu dari siswa SMA yang lolos seleksi Paskibra di Istana Negara tahun ini dengan nama Tim Indonesia Maju.

Sementara itu, tiga orang lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Bintang Wirasatya RA sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sumatera Selatan, Nathaniel Shawn Edgar Sondakh sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sulawesi Utara, dan Alfin Alfarisi sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Sumatera Barat.

Sementara itu, Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Saat ini, ia menjabat sebagai Danmen Armed 2/PY/2 Kostrad.

Bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Mar Ganteng Prakoso. Saat ini, dia bertugas sebagai Danki A Yonif 7 Mar Brigif 4 Mar BS Kormar.

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigjen TNI Arkamelvi Karmani. Pria kelahiran 10 Februari 1967 tersebut, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta. Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989.

Paskibraka 2023 yang anggotanya berasal dari perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia sebelumnya telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa, 15 Agustus 2023, di Istana Negara, Jakarta. Sebanyak 76 pemuda telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia dan siap untuk menjalankan tugasnya pagi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper