Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suka Duka Paskibraka, Ternyata Dapat Gaji Setara PNS Golongan IV

Paskibraka menjadi bagian penting dalam upacara bendera HUT RI yang diperingati tanggal 17 Agustus setiap tahunnya.
Presiden Jokowi berbincang dengan sejumlah anggota Paskibraka usai pengukuhan, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (15/08/2022) - Humas Setkab/Rahmat.
Presiden Jokowi berbincang dengan sejumlah anggota Paskibraka usai pengukuhan, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (15/08/2022) - Humas Setkab/Rahmat.

Bisnis.com, SOLO - Paskibraka merupakan bagian penting dalam upacara bendera, terutama upacara HUT RI yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya.

Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Pada 15 Agustus 2023 kemarin, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengukuhkan sebanyak 76 putra-putri Indonesia dari 38 provinsi menjadi pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) yang akan bertugas pada HUT ke-78 RI tanggal 17 Agustus 2023.

Pengukuhan tersebut dilaksanakan di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Upacara pengukuhan digelar di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/08/2023) sore.

Setiap tanggal 17 Agustus, profil Paskibraka ini menjadi topik menarik yang membuat masyarakat penasaran.

Tapi yang perlu dketahui, menjadi Paskibrakan tidak semudah kelihatannya. Anggota Paskibraka akan dipinggit selama setidaknya 30 hari sebagai bagian dari persiapan fisik dan mental.

Dilansir dari situs Lemhanas, Peserta Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2023 melaksanakan kegiatan selama tiga puluh hari terhitung sejak tanggal 17 Juli 2023 sampai 15 Agustus 2023 di Lemhannas RI dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramuka Nasional Wiladatika Cibubur.

Materi pemusatan pendidikan dan pelatihan tersebut mencakup pembelajaran aktif yang terdiri atas pembinaan ideologi pancasila, pemantapan nilai-nilai kebangsaan, pelatihan pelaksanaan upacara, serta pengasuhan karakter dalam pendekatan sistem desa bahagia.

Itu artinya, Paskibraka tidak hanya akan dilatih baris berbaris bak militer, namun juga akan diberikan berbagai pendidikan kebangsaan dan sebagainya.

Disiplin

Paskibraka Nasional akan menjalani hidup disiplin saat dipinggit oleh negara. Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Rima Agristina selaku Pembina Paskibraka 2023 menyatakan, para Paskibraka juga diberikan pembinaan mengenai ideologi Pancasila.

Yang menarik, pembinaan tersebut akan dilaksanakan mulai pukul 04.00 pagi WIB. Paskibraka baru akan kembali tidur pada pukul 21.00 malam WIB.

Sepanjang waktu itu, para Paskibraka harus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Bangun tidur harus beresin tempat tidur, bangun tidur kemudian tepat pada waktunya, kemudian beribadah sesuai agama masing-masing," ujar Rima memberikan contoh.

Mendapat gaji dan apresiasi lainnya

Meski fisik dan mental Paskibraka akan ditempa habis-habisan selama masa persiapan, akan tetapi menjadi Paskibra akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka yang lolos. Bahkan, mereka punya sebutan sendiri.

Selama waktu seleksi sampai 16 Agustus, seorang anggota calon Paskibraka dinamakan “CAPASKA” atau Calon Paskibraka. Kemudian waktu penugasan 17 Agustus, anggota dinamakan “PASKIBRAKA”.

Setelah 17 Agustus, nama mereka berubah lagi menjadi “PURNA PASKIBRAKA.

Di samping itu, ternyata Paskibraka mendapatkan gaji dari pemerintah. Besar gaji Paskibraka Kabupaten/Kota bervariasi di setiap daerah dan tergantung pada kebijakan pemerintah daerah. Secara umum, gaji ini berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp 1,5 juta per anggota.

Sedangkan Paskibraka tingkat nasional diperkirakan mendapat honor antara Rp3 juta hingga Rp10 juta. Selain gaji, mereka juga memperoleh sertifikat serta peluang beasiswa.

Bahkan dilansir dari situs Pengadaian pada tahun 2022, setiap anggota Paskibraka tahun lalu menerima Tabungan Emas senilai Rp 3 juta, sedangkan para pelatih menerima beasiswa senilai Rp 1 juta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper