Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ukraina Hantam Kapal Tanker Rusia dengan Drone, Bawa Bahan Peledak 450 Kg

Drone laut Ukraina yang penuh dengan bahan peledak menghantam kapal tanker bahan bakar Rusia pada Jumat (4/8/2023).
Bendera Ukraina/wikimedia
Bendera Ukraina/wikimedia

Bisnis.com, JAKARTA - Drone laut Ukraina yang penuh dengan bahan peledak menghantam kapal tanker bahan bakar Rusia pada Jumat (4/8/2023).

Pada Sabtu (5/8), kedua belah pihak menyatakan bahwa serangan kedua dalam 24 jam tersebut diketahui dilakukan di dekat jembatan yang menghubungkan Rusia dengan Krimea yang dianeksasi.

Menurut para pejabat yang ditempatkan Rusia di Krimea, diketahui tidak ada yang terluka dalam serangan tersebut. Namun, jembatan Krimea dan transportasi feri ditangguhkan dalam beberapa jam. 

Seorang sumber intelijen Ukraina mengatakan bahwa drone tersebut membawa 450 kg bahan peledak, menghantam kapal SIG saat mengangkut bahan bakar untuk militer Rusia di perairan teritorial Ukraina. 

"Kapal tanker tersebut memuat bahan bakar sehingga 'kembang api' tersebut terlihat dari jauh," jelas sumber tersebut, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (5/8/2023).

Ukraina menyatakan bahwa menghancurkan infrastruktur militer di dalam Rusia atau di wilayah yang dikuasai Rusia di Ukraina, sangat penting untuk melakukan serangan balasan setelah invasi Februari 2022.

Sebelumnya, terdapat serangan drone laut lainnya terhadap pangkalan angkatan laut Rusia di Novorossiysk, merusak kapal perang pada Jumat (4/8/2023). 

Vasyl Malyuk, kepala dinas keamanan SBU Ukraina, walaupun tidak secara langsung mengonfirmasi serangan terbaru, mengatakan bahwa insiden apapun dengan kapal-kapal Rusia atau jembatan Krimea adalah langkah yang benar-benar logis dan efisien terhadap musuh.

“Selain itu, operasi khusus semacam itu dilakukan di perairan teritorial Ukraina dan sepenuhnya legal," kata Malyuk, dalam aplikasi pesan Telegram. 

Pusat Koordinasi Penyelamatan Maritim Novorossiysk Rusia menyatakan bahwa tidak ada tumpahan bahan bakar dari SIG karena kapal tersebut hanya membawa pemberat teknis. 

Pekerjaan pemulihan juga sedang berlangsung, dengan dua kapal tunda yang berada di dekat kapal tersebut. 

"Kapal tanker SIG ...mendapat lubang di ruang mesin dekat garis air di sisi kanan kapal, yang diduga akibat serangan drone laut," kata Badan Transportasi Laut dan Sungai Federal Rusia di Telegram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper