Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Italia Dilanda Cuaca Panas Ekstrem, Suhu Tertinggi Bisa 48 Derajat Celsius

Minggu depan suhu diperkirakan bisa mencapai puncaknya melewati 40 derajat celsius di beberapa bagian Italia.
Turis di Koloseum Romawi, Italia/Shutterstock 2023.
Turis di Koloseum Romawi, Italia/Shutterstock 2023.

Bisnis.com, JAKARTA – Peringatan merah atau red alert cuaca telah dikeluarkan untuk 16 kota di Italia akibat suhu panas ekstrem. Bahkan sejumlah kota di Italia diperkirakan akan dilanda suhu panas sekitar 41 hingga 48 derajat celsius.

Negara tetangga seperti pemerintah Inggris telah mengeluarkan peringatan perjalanan (travel warning) kepada warga Inggris yang berencana melakukan perjalanan ke Italia di tengah gelombang panas yang mencengkeram Eropa selatan.

Gelombang panas yang dijuluki Cerberus dapat membawa suhu setinggi 30 derajat celsius akhir pekan ini di beberapa bagian Italia. Bahkan pulau Sardinia diramalkan bakal mengalami panas hingga 41 derajat celsius.

Mengutip Birmingham Mail, Sabtu (15/7/2023), minggu depan suhu diperkirakan bisa mencapai puncaknya melewati 40 derajat celsius dengan datangnya gelombang panas kedua yang disebut Charon.

Menurut Layanan Meteorologi Italia, beberapa wilayah di Italia dapat mengalami suhu panas 48 celsius, khususnya di pulau Mediterania Sisilia dan Sardinia sebagai akibat dari Charon.

Di negara lain di kawasan Eropa, seperti Spanyol dan Yunani juga mengalami dampak panas terberat, sementara Turki, Kroasia, dan Prancis ikut terpengaruh. Pemerintah Inggris telah menerbitkan saran perjalanan ke Italia di situs webnya di bawah tab 'Peringatan dan asuransi'.

“Suhu ekstrim saat ini mempengaruhi banyak wilayah Italia,” tulis Situs web Layanan Meteorologi Eropa. Mereka juga telah mengeluarkan peringatan merah atau red alert untuk suhu tinggi pada wilayah seperti Sisilia, Sardinia, Puglia, Calabria, dan Basilicata.

Rebekah Sherwin, seorang ahli meteorologi dari Met Office, menjelaskan bahwa panas yang hebat disebabkan oleh sistem tekanan tinggi yang terus-menerus di atas daerah yang terkena dampak.

“Kondisi gelombang panas yang sudah terjadi di sebagian besar Eropa selatan, Afrika barat laut, dan Timur Tengah diperkirakan akan berlanjut hingga minggu mendatang,” jelasnya.

Dia menambahkan suhu puncak yang sekitar 10 hingga 15 celsius lebih tinggi dari rata-rata, dapat mencapai pertengahan 40-an derajat celsius di beberapa bagian Eropa Selatan dan hingga 50 celsius di beberapa bagian Afrika Utara.

Suhu yang lebih tinggi dari rata-rata juga kemungkinan terjadi di waktu lebih jauh ke utara melintasi Eropa, tetapi ini akan berumur pendek dan kurang berdampak.

“Suhu tinggi didorong oleh sistem tekanan tinggi yang ada di seluruh wilayah, memungkinkan suhu meningkat dari hari ke hari. Suhu permukaan laut yang luar biasa tinggi juga terjadi di seluruh wilayah, dengan banyak bagian Mediterania mengalami suhu permukaan setinggi 25 hingga 28 celcius,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Sumber : Birmingham Mail
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper