Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Universitas Negeri Terfavorit, Jurusan Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jakarta Banyak Diminati

Jurusan ilmu komunikasi terfavorit kini disandang oleh UPN Veteran Jakarta, dengan jumlah peminat hingga 3.728 orang.
Mahasiswa dan mahasiswi jurusan komunikasi Universitas Pembangunan Nasional(UPN) Veteran Jakarta/istimewa
Mahasiswa dan mahasiswi jurusan komunikasi Universitas Pembangunan Nasional(UPN) Veteran Jakarta/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Prodi Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jakarta menjadi jurusan ilmu komunikasi terfavorit di Indonesia dan urutan 6 besar peminat terbanyak se-Indonesia

Dalam urutan 10 besar jurusan terfavorit di Indonesia ada 4 jurusan yang menonjol yakni kedokteran, komputasi, psikologi, dan ilmu komunikasi. Prodi ilmu komunikasi UPNVJ masuk urutan 10 besar daftar prodi terbanyak diminati dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2023.

Adapun prodi paling banyak peminatnya, pertama, pendidikan dokter di Universitas Padjadjaran sebanyak 3.856 peminat. Kedua, prodi STEI di ITB, dengan jumlah peminat 3.848 peminat. Ketiga, jurusan psikologi UGM memiliki 3.837 peminat.

Keempat, jurusan pendidikan dokter Universitas Indonesia. Kelima, kedokteran UGM masing-masing sebanyak 3.827 peminat dan 3.766 peminat. Keenam, peminat Prodi Ilmu Komunikasi UPN Jakarta sebanyak 3.728 orang.

Kaprodi S1 Ilmu Komunikasi Fitria Ayuningtyas menuturkan tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) mencatat UPNVJ berada di peringkat ke-6 dengan 3.728 peminat. Prestasi ini menunjukkan bahwa Ilmu Komunikasi UPNVJ terus berkembang dari waktu ke waktu dan menjadi prodi yang semakin populer.

"Luar biasa sangat bangga. Semoga ke depannya Prodi S1 Ilmu Komunikasi dapat menjadi lebih baik lagi dari segala aspek," tulisnya dalam keterangan resmi, Sabtu (24/6/2023).

Menurut Fitria, prestasi Ilmu Komunikasi UPNVJ sebagai salah satu prodi terbanyak diminati tahun ini merupakan bentuk nyata dari berbagai manuver yang telah dilakukan, seperti turut serta dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka 2022 hingga menerima Dana Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka 2022.

Selain itu, Prodi S1 Ilmu Komunikasi juga turut serta dalam akreditasi internasional di Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) dengan persiapan selama hampir dua tahun.

"Semua ini juga tak lepas dari peran dosen maupun mahasiswa yang sudah mulai melebarkan sayap untuk go international," kata Fitria.

jurusan ilmu komunikasi terfavorit banyak diminati
jurusan ilmu komunikasi terfavorit banyak diminati

10 Jurusan dengan peminat terbanyak di Indonesia/ Tangkapan layar zoom

Dekan FISIP UPNVJ Bekti Istiyanto menganggap ini prestasi sekaligus tantangan yang harus dijawab. Animo prodi Jurusan Komunikasi yang terdiri dari S2 Ilmu Komunikasi, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Sains Informasi UPNVJ ini naik terus dan sangat besar. 

"Ini adalah amanah besar sekaligus tantangan untuk memberikan kualitas pendidikan dan pelayanan terbaik kepada mahasiswa,” tutur Bekti.

Kampus UPNVJ masuk dalam daftar 20 besar perguruan tinggi negeri dengan pendaftar terbanyak. UPNVJ berada di peringkat 16 dengan 32.858 pendaftar.

Rektor UPNVJ Anter Venus memberikan pesan kepada seluruh mahasiswa baru yang diterima dan mengajak calon mahasiswa yang belum diterima agar tetap semangat dan tidak patah arang. 

“Selamat kepada semua calon mahasiswa yang telah diterima masuk UPNVJ. Bagi yang belum diterima, jangan patah arang, masih ada kesempatan yang bisa diambil melalui jalur seleksi mandiri (SEMA) yang bisa dipantau di website upnvj.ac.id,” ujarnya.

Sebelumnya, Mochamad Ashari, Ketua Umum SNPMB 2023 mengumumkan hasil SNBT tahun 2023, “Selamat kepada 143.805 putra puteri terbaik yang dinyatakan lolos dan berhasil menjadi bagian dari dunia pendidikan tinggi Indonesia,” katanya.

Dari total tersebut, salah satu pendaftar di UPNVJ berhasil diterima dengan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tertinggi. Pendaftar tersebut berasal dari program S1 Kedokteran UPNVJ dengan nilai 811,81. Untuk nilai rata-rata UTBK, UPNVJ juga berhasil masuk 20 besar. UPNVJ berada di urutan 10 dengan nilai rata-rata UTBK 622,52. 

“Seluruh prestasi membanggakan ini tidak akan membuat UPNVJ berpuas diri. Seluruh jajaran sivitas akademika UPNVJ akan terus bekerja keras dalam meningkatkan prestasi ke level berikutnya, baik di tingkat nasional maupun internasional.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper