Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Ada Perkembangan, Koalisi Indonesia Bersatu Mati Suri?

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) belum menentukan langkah usung capres tertentu meskipun partai anggotanya sudah deklarasi
Tak Ada Perkembangan, Koalisi Indonesia Bersatu Mati Suri?  Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono (kanan) berjabat tangan usai memberikan keterangan kepada wartawan saat silaturahmi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di kediaman Airlangga Hartarto, di Jakarta, Kamis (27/4/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom
Tak Ada Perkembangan, Koalisi Indonesia Bersatu Mati Suri? Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono (kanan) berjabat tangan usai memberikan keterangan kepada wartawan saat silaturahmi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di kediaman Airlangga Hartarto, di Jakarta, Kamis (27/4/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M. Romahurmuziy alias Rommy mengungkapkan, tak ada perkembangan berarti dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akhir-akhir ini.

Sebagai informasi, KIB terdiri dari PPP, Partai Golkar, dan Partai Amanat Nasional (PAN). Meski sudah dideklarasikan sejak Mei 2022, namun KIB belum juga punya calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres) usungan.

"Sejauh ini memang belum ada pembicaraan baru di KIB ya terkait dengan capres dan cawapres," ujar Rommy saat ditemui usai pembukaan Rapimnas VI PPP di Sultan Hotel, Jakarta Pusat, Jumat (16/6/2023).

Dia menjelaskan, PPP sudah mengusung Ganjar Pranowo untuk jadi capres 2024. Sementara itu, PAN dan Golkar belum juga menentukan capres usungannya.

Meskipun demikian, Rommy mengklaim komunikasi antar tiga partai KIB selalu berjalan. Entah itu antar ketua umum partai atau fraksi di DPR.

"Tetapi sampai saat ini memang belum ada yang bisa disampaikan sebagai perkembangan berarti di tubuh KIB," lanjutnya.

Rommy juga menyatakan KIB belum bubar meski PPP sudah punya capres sendiri. Namun, dia menilai KIB tak akan bisa mengusung capres sendiri.

Satu-satunya cara KIB bertahan hanya dengan usung Ganjar Pranowo bersama dengan PDIP, Partai Hanura, dan juga Partai Perindo

"Kalau lanjut dalam konteks KIB kemudian mengusung calon sendiri, bisa saya katakan tidak ada, kemungkinan itu tidak ada, karena PPP sudah menjatuhkan pilihan kepada Pak Ganjar begitu. Tetapi kalau kemudian KIB ini bergabung bersama-sama di dalam usungan Mas Ganjar, itu masih mungkin," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper