Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ngeri-ngeri Sedap! Ini Spesifikasi Rudal Strom Shadow Kiriman Raja Charles untuk Ukraina

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap rudal Strom Shadow yang dikirim Inggris ke Ukraina.
Ilustrasi rudal Storm Shadow/ The Moscow Times.
Ilustrasi rudal Storm Shadow/ The Moscow Times.

Bisnis.com, SOLO - Inggris akhirnya mengumumnya bahwa mereka telah menepati janji yang dibuat oleh Perdana Menteri Rishi Sunak pada Februari 2023 lalu.

Tiga bulan lalu, PM Inggris tersebut mengatakan jika kerajaan akan mengirimkan bantuan berupa rudal untuk membantu militer Ukraina melawan dominasi Rusia di beberapa wilayah.

Dilansir dari The Guardian, Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace telah mengumumkan jika Inggris tekah memberikan bantuan berupa rudal Storm Shadow ke Ukraina pada Kamis, 11 Mei 2023 kemarin.

Storm Shadow sendiri merupakan rudal yang memiliki jangkauan "melebihi 250 km" atau 155 mil. Meski demikian, beberapa seri Storm Shadow ada yang mampu menjangkau hingga 350 mil jauhnya.

Namun sayang, sampai saat ini tidak jelas apakah Ukraina telah menerima Storm Shadows yang berkemampuan penuh, atau model jangkauan yang dikurangi untuk mematuhi rezim kontrol senjata MTCR.

Inggris dan beberapa negara sekutu memang terkadang mengurangi spesifikasinya karena aturan tidak menganjurkan negara lain mengirim rudal dengan jangkauan melebihi 190 mil.

Dikutip dari Sky News, Storm Shadow merupakan rudal dengan pengoperasian simpel. Rudal ini tak memerlukan alat tambahan ketika diluncurkan.

Hal tersebut karena Storm Shadow sudah diprogram sedemikian rupa sehingga akan fokus ke satu titik di area target secara mandiri dengan navigasi inersia dan GPS.

Rudal ini biasanya meluncur hanya pada ketinggian 100-130 kaki di atas tanah untuk semakin mengurangi pendeteksian radar.

Didukung oleh sayap pop-out, alutsista buatan Inggris ini terbang tepat di bawah kecepatan suara yang ditenagai oleh mesin turbojet TRI 60-30 kecil dan menawarkan penampang radar yang rendah karena geometri non-reflektifnya.

Jika melihat spesifikasi dan kinerjanya, tentu rudal Storm Shadow tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Kizhal buatan Rusia.

Meskipun tidak secepat rudal balistik udara Kinzhal Rusia, Storm Shadow sepanjang lima meter terkenal karena tingkat silumannya yang tinggi, sistem panduan terminal pencocokan gambar yang digerakkan oleh AI, dan hulu ledak dua tahap penghancur bunke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper