Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ukraina:1.464 Infrastruktur Budaya Rusak Akibat Serangan Rusia

1.464 objek infrastruktur budaya telah rusak selama peperangan dengan Rusia.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Bloomberg
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Ukraina melaporkan sejumlah kerusakan infrastruktur budaya akibat peperangan dengan Rusia yang sudah berlangsung lebih dari setahun.

Kementerian Kebudayaan dan Informasi terus mencatat hingga 25 April 2023, 1.464 objek infrastruktur budaya telah rusak. Angka ini tidak termasuk situs cagar budaya. Hampir sepertiga dari mereka telah hancur (523 objek).

Namun, dalam sebulan terakhir, jumlah objek infrastruktur budaya yang rusak meningkat sebanyak 91 objek, dengan mayoritas berada di wilayah Kherson (47 objek atau 52 persen).

Infrastruktur budaya mengalami kerugian dan kerusakan terbesar di wilayah Donetsk, Kharkiv, Kherson, Kyiv, Mykolaiv, Luhansk, dan Zaporizhzhia.

Pusat kreatif, perpustakaan, museum, teater, ruang philharmonic, lembaga pendidikan seni (sekolah seni dan perguruan tinggi) di 210 komunitas telah rusak atau hancur, terhitung 14,3% dari total, di Vinnytsia (3%), Dnipropetrovsk (14 %), Donetsk (85%), Zhytomyr (12%).

Kemudian, Zakarpattia (2%), Zaporizhzhia (31%), Kyiv (27%), Luhansk (42%), Lviv (2%), Mykolaiv (42%) , Odesa ( 3%), Sumy (45%), Kharkiv (36%), Kherson (35%), Khmelnytskyi (2%), Cherkasy (3%), wilayah Chernihiv (14%), dan kota Kyiv.

Secara keseluruhan, objek infrastruktur budaya berikut yang terpengaruh serangan Rusia adalah hub kreatif 701, perpustakaan 555, museum dan galeri 77, teater dan aula philharmonic 23, institusi pendidikan seni 108.

Adapun objek infrastruktur budaya yang paling terdampak adalah creative hub – 48% dari total jumlah fasilitas infrastruktur budaya yang mengalami kerusakan atau kehancuran.

Perlu dicatat bahwa saat ini, hampir seluruh wilayah Luhansk dan sebagian besar wilayah wilayah Kherson, Zaporizhzhia, dan Donetsk masih dalam pendudukan sementara, sehingga tidak mungkin menghitung secara akurat jumlah objek infrastruktur budaya yang telah rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper