Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wah! Ini Temuan Militer Rusia setelah Bongkar Drone Switchblade 600 Buatan AS

Militer Rusia melakukan pembongkaran terhadap drone Switchblade 600 buatan AS.
Ilustrasi drone Switchblade 600 (UAV)./Istimewa
Ilustrasi drone Switchblade 600 (UAV)./Istimewa

Bisnis.com, SOLO - Sebuah video mendadak viral di media sosial dan menjadi perbincangan. Video tersebut menunjukkan tentara Rusia membongkar drone bunuh diri Switchblade 600 buatan Amerika yang diproduksi oleh AeroVironment.

Menurut Bild, ini adalah penggunaan drone pertama yang didokumentasikan oleh Angkatan Bersenjata Ukraina.

Militer Rusia mendapatkan sejumlah informasi penting setelah membongkar drone Switchblade 600 buatan AS tersebut.

Pertama, drone ini dilengkapi dengan 3 baling-baling lipat “aero-naut CAM Carbon” yang diproduksi oleh perusahaan Jerman Aero-naut Modellbau.

Aero-naut Modellbau merupakan perusahaan Jerman yang berspesialisasi dalam merancang dan membuat kit pesawat dan kapal model, serta komponen model seperti motor listrik, pengontrol kecepatan, dan baling-baling.

Tetapi perusahaan telah menyatakan bahwa produknya tidak pernah dimaksudkan untuk digunakan untuk tujuan militer.

Mereka juga dengan tegas telah menyatakan keprihatinan atas penggunaan produknya dalam aplikasi militer tanpa sepengetahuan atau persetujuannya.

AS dan drone Switchblade 600

Pada April 2022, AS mengumumkan niatnya untuk menyediakan drone Switchblade 600 kepada Ukraina, tetapi pengirimannya ditunda. 

Sebagai gantinya, Switchblade 300 UAV yang lebih kecil dikirimkan musim panas lalu. 

Belakangan, Menteri Pertahanan Ukraina, Oleksiy Resnikov, menyatakan bahwa negara itu akan menerima drone Switchblade 600 yang sangat dibutuhkan dalam beberapa minggu ke depan dan tampaknya itu datang lebih cepat dari perkiraan.

Bild menyatakan bahwa Dinas Keamanan Ukraina telah menggunakan UAV ini, mengandalkan video yang diposting pada 9 Maret 2023 dan menunjukkan penghancuran sistem Buk-M2 dan S-300.

Switchblade 600 adalah alutsista tanpa awak yang juga dikenal sebagai drone bunuh diri, yang dikembangkan oleh AeroVironment. Ini dirancang untuk memberi pasukan respons yang cepat, mematikan, dan tepat terhadap ancaman di medan perang.

Drone Switchblade 600 memiliki jangkauan hingga 40 kilometer dan dapat terbang hingga 40 menit. Switchblade 600 diluncurkan dari sebuah tabung dan dapat dikendalikan dari jarak jauh oleh seorang prajurit di darat, memungkinkan penargetan yang presisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper