Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Al Quran Surat Al Maidah Ayat 2: 5 Larangan untuk Orang Beriman

Dalam Quran Surat Al Maidah ayat 2 terdapat lima larangan untuk orang-orang beriman. Berikut kandungan lengkap Al Quran Surat Al Maidah Ayat 2.
Ulasan QS Al Maidah Ayat 2 Lengkap dengan Isi Kandungannya (freepik)
Ulasan QS Al Maidah Ayat 2 Lengkap dengan Isi Kandungannya (freepik)

Bisnis.com, JAKARTA - Quran Surat Al Maidah ayat 2 memiliki makna tertentu apabila kita dilihat dari segi tafsir ayatnya.

Kandungan surat Al-Maidah ayat 2 ini berbeda dengan surat Al-Maidah ayat 3 yang membahas mengenai aturan makanan halal dan haram serta perjudian.

Lantas apa makna isi kandungan QS Al Maidah ayat 2 apabila dilihat dari tafsir dan artinya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Surat Al Maidah Ayat 2 dan Artinya

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kandungan surat Al Maidah ayat 2, tak ada salahnya jika kita mempelajari terlebih dahulu lafal dan arti dari ayat tersebut. Berikut ulasannya. 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تُحِلُّوا۟ شَعَٰٓئِرَ ٱللَّهِ وَلَا ٱلشَّهْرَ ٱلْحَرَامَ وَلَا ٱلْهَدْىَ وَلَا ٱلْقَلَٰٓئِدَ وَلَآ ءَآمِّينَ ٱلْبَيْتَ ٱلْحَرَامَ يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِّن رَّبِّهِمْ وَرِضْوَٰنًا ۚ وَإِذَا حَلَلْتُمْ فَٱصْطَادُوا۟ ۚ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَـَٔانُ قَوْمٍ أَن صَدُّوكُمْ عَنِ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ أَن تَعْتَدُوا۟ ۘ وَتَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْبِرِّ وَٱلتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْإِثْمِ وَٱلْعُدْوَٰنِ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعِقَابِ

Yā ayyuhallażīna āmanụ lā tuḥillụ sya'ā`irallāhi wa lasy-syahral-ḥarāma wa lal-hadya wa lal-qalā`ida wa lā āmmīnal-baital-ḥarāma yabtagụna faḍlam mir rabbihim wa riḍwānā, wa iżā ḥalaltum faṣṭādụ, wa lā yajrimannakum syana`ānu qaumin an ṣaddụkum 'anil-masjidil-ḥarāmi an ta'tadụ, wa ta'āwanụ 'alal-birri wat-taqwā wa lā ta'āwanụ 'alal-iṡmi wal-'udwāni wattaqullāh, innallāha syadīdul-'iqāb

Arti surat Al Maidah ayat 2 dalam Bahasa Indonesia:

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi'ar-syi'ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian(mu) kepada suatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.”

Isi Kandungan Surat Al Maidah Ayat 2

Mengutip penjelasan tafsirweb.com, isi kandungan surat Al Maidah ayat 2 berdasarkan tafsir Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadhir oleh Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al-Asyqar (Mudarris tafsir Universitas Islam Madinah), sebagai berikut.

  • Larangan untuk melanggar syi’ar-syi’ar Allah

Dalam tafsir ini, syi’ar bisa diartikan sebagai tempat manasik haji yaitu Shafa, Marwah, dan lainnya. Di mana kaum muslimin dilarang menghalangi kaum muslim lainnya yang ingin beribadah dan mengagungkan tempat tersebut serta larangan bagi kaum muslim untuk menghalangi, memerangi, ataupun mencuri dari orang-orang yang sedang melaksanakan haji atau umrah. Selain berarti tempat manasik haji, syi’ar di sini dapat berarti kewajiban dan larangan bagi kaum muslim yang ditentukan oleh Allah.

  • Larangan untuk menodai bulan-bulan haram

Yang dimaksud bulan haram yaitu bulan Dzul Qa’dah, Dzul Hijjah, Muharram, dan Rajab. Di keempat bulan tersebut, diharamkan untuk berperang kecuali jika terzalimi dan bukan atas dasar kebencian.

  • Larangan mengganggu binatang hadyu dan qalaa-id serta larangan berburu di tanah haram.

Binatang hadyu dan binatang qalaa-id yaitu hewan-hewan yang hendak dikurbankan atas nama Allah berupa kambing, sapi, maupun unta. Kaum muslim dilarang mencuri maupun menghalangi jalan hewan-hewan tersebut menuju ke Baitul Haram.

  • Larangan menzalimi dan merampas hak orang lain atas dasar kebencian

Pada ayat tersebut tertera bahwa dilarang untuk berbuat tidak adil terhadap orang lain atau kaum tertentu apabila didasari kebencian.

  • Perintah tolong-menolong

Dalam Surat Al-Ma’idah Ayat 2 ini, kaum muslim diperintahkan untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan takwa. Namun, kita dilarang untuk tolong-menolong dalam hal maksiat, berbuat dosa kepada Allah, dan larangan tolong-menolong terhadap perbuatan yang mengandung kezaliman kepada orang lain.

Itulah bacaan Quran Surat Al Maidah Ayat 2 lengkap dengan Arab, Latin dan artinya. Dengan demikian kamu sudah memahami isi kandungan Surat Al Maidah Ayat 2 yang memiliki lima poin penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper